Kembali ke Article

Peringati Hari Diabetes, Sajikan 5 Makanan Ini di Rumah!

15 Nov 2019 Healthy Food
Peringati Hari Diabetes, Sajikan 5 Makanan Ini di Rumah!
15 Nov/2019

Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula (glukosa) darah pada tubuh cukup tinggi, melebihi nilai normalnya. Dampaknya bagi kesehatan cukup serius. Tanda-tanda yang muncul adalah merasa sangat haus, penglihatan menjadi buram, pusing, merasa gelisah, kulit memerah, kering, dan terasa panas. Selain rutin mengonsumsi obat, penderita diabetes juga harus mengatur pola makannya. Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk para penderita diabetes. Makanabis membabar untuk pembaca.

Nasi Merah

Dibandingkan dengan nasi putih, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi nasi merah. Pasalnya nasi merah menggunakan beras merah, dimana bagian kulit masih menempel. Kulit inilah yang penuh dengan serat. Indeks glikemiknya pun lebih rendah dibandingkan nasi putih. Kalaupun harus mengonsumsi nasi putih, diusahakan dalam porsi sedikit.

Sayur Bayam

Penderita diabetes diharuskan mengonsumsi sayuran dalam jumlah cukup, salah satunya adalah bayam. Seperti tokoh kartun popeye yang suka mengonsumsi bayam kalengan, bayam memang mampu menambahkan energi. Ini adalah sayuran favorit bagi penderita diabetes. Kandungan antioksidan dalam bayam, mampu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

Daging Tanpa Lemak

Siapa bilang penderita diabetes enggak boleh mengonsumsi daging? Boleh aja, kok. Asalkan daging yang dikonsumsi bebas dari lemak, ya. Sebenarnya kan yang dikhawatirkan adalah lemaknya. Namun beberapa menyarankan untuk membatasi pengonsumsian daging merah, karena mampu meningkatkan risiko diabetes. Jadi bagi yang menderita diabetes, harap kurangi daging merah ya!

Ikan

Sebaliknya, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi ikan. Daging putih memang dirasa lebih sehat dibandingkan daging merah. Lemak pada ikan juga lebih sedikit, sehingga aman untuk dikonsumsi. Biar gak boring, kamu bisa mengolahnya menjadi beragam menu seperti ikan panggang, ikan goreng, ikan pepes atau ikan bakar.

Kacang-kacangan

elain enak, ternyata penderita diabetes justru disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang adalah salah satu camilan sehat. Hanya saja untuk pengonsumsiannya, tetap dibatasi ya. Sesuatu yang berlebihan kan pasti tidak baik. Pilih kacang yang sehat seperti walnut atau almond. Memang mahal sih, tapi sebanding dengan khasiatnya kan?

FYI, kadar gula darah dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Salah satunya adalah kandungan karbohidrat. Para penderita diabetes biasanya akan mengurangi porsi karbohidratnya, seperti porsi nasinya dikurangi dan digantikan dengan lebih banyak lauk. Selain dipicu oleh makanan, naiknya kadar gula darah juga dipengaruhi dari faktor lain seperti stres atau pengonsumsian obat tertentu. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.Putri P

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH