Kembali ke Article

Perjalanan Panjang Bakso

13 Dec 2019 Food Story
Perjalanan Panjang Bakso
13 Dec/2019

Siapa yang tak kenal bakso? Bakso adalah bola-bola daging  yang terdiri dari campuran daging giling dan tepung tapioka biasanya disajikan bersama dengan tahu, kubis, bihun, gorengan dan lain-lain.Makanan favorit yang sangat familiar bagi semua kalangan, dari anak kecil sampai orang dewasa pasti pernah makan bakso. Bakso di setiap daerah memiliki kekhasannya sendiri. Di Indonesia ada beberapa daerah yang menjadikan bakso sebagai ikon mereka seperti bakso Solo dan bakso Malang. Baksonya mempunyai ciri dan bumbu yang berbeda.  Kali ini makanabis akan mengulas tentang sejarah bakso. Kalian pasti ingin tahu kan? Yuk, simak berikut ini.

Pada awal abad ke-17, ada seorang anak yang bernama Meng Bo yang hidup di sebuah desa kecil di Fuzhou. Dia sangat sayang dan berbakti pada ibunya. Karena ibunya yang telah tua dan giginya yang mulai keropos, menyebabkan sang ibu tidak dapat makan daging seperti dahulu. Padahal daging adalah makanan kesukaan sang ibu. Dari situ, Meng Bo mulai berpikir keras untuk dapat membahagiakan ibunya. Dia berinisiatif untuk dapat mengolah daging yang keras agar dapat dimakan oleh ibunya. Inisiatif ini datang saat Meng Bo melihat tetangga yang sedang menumbuk beras ketan untuk dibuat kue mochi. Meng Bo meniru hal tersebut dengan cara menghaluskan daging dan membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil agar ibunya mudah saat memakannya. Setelah olahan daging tersebut matang, tak sabar Meng Bo menyajikannya untuk sang ibu yang ternyata ibunya sangat senang sekali karena dapat makan daging kembali. Dia memberi nama olahan daging tersebut dengan istilah bakso yang terdiri dari kata Bak dan So. Bak artinya daging babi dan So berarti kuah. Sehingga dapat diartikan kuah dengan daging babi.

Cerita bakti Meng Bo dan baksonya cepat tersebar luas ke seluruh kota Fuzhou. Banyak tetangga yang ingin bisa membuat bakso hingga banyak yang datang untuk belajar dengan Meng Bo. Akhirnya resep bakso tersebut tersebar ke berbagai penjuru hingga ke Indonesia yang dikenalkan oleh pedagang Cina yang menetap di Indonesia. Sejarah bakso di Indonesia mengalami sedikit perubahan yaitu yang aslinya bakso terbuat dari daging babi, di Indonesia diganti dengan daging sapi atau ayam bahkan ikan atau seafood juga dapat menjadi bahan pembuatan bakso, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim yang tidak mengkonsumsi daging babi. Bumbu-bumbunya juga disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Meskipun berubah dari resep aslinya, bakso tetap menjadi makanan favorit kita semua. Apalagi jika dimakan pada saat turun hujan karena dapat menhangatkan tubuh.

Nah, itu tadi sejarah bakso dari makanabis. Sekarang kalian tahu kan asal mula terjadinya bakso karena bakti dan cinta seorang anak kepada ibunya. Jika kalian suka makan bakso, kalian dapat membuatnya sendiri di rumah atau membeli bakso yang sudah jadi di supermarket. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Sandwich, Tercipta Saat Bermain Kartu

Sandwich, Tercipta Saat Bermain Kartu

Siapa yang tak mengenal sandwich? Makanan yang terbuat dari dua lapis roti yang membungkus beberapa ...

Sulit Ditiru, Diet Ekstrem Ala Selebriti Korea

Sulit Ditiru, Diet Ekstrem Ala Selebriti Korea

Tren kecantikan dunia saat ini seolah berkiblat pada Korea Selatan akibat Hallyu wave atau demam Kor...

Saudara Kembar Nasi Goreng

Saudara Kembar Nasi Goreng

Nasi goreng memang favorit semua orang. Ternyata tak hanya orang Indonesia saja yang menggemar...

Mulai Sekarang, Minum Kopi Tanpa Gula !!

Mulai Sekarang, Minum Kopi Tanpa Gula !!

Makanabis mengutip pernyataan Ory Hofmekler, pakar kopi, jika konsumsi kopi dengan cara ...

JELAJAH