Kembali ke Article

Pilih-pilih Ikan Asin yang Bagus dan Lezat

05 Oct 2020 Headline Healthy Food
Pilih-pilih  Ikan Asin yang Bagus dan Lezat foto : ist
05 Oct/2020

Ikan asin sudah menjadi lauk yang akrab bagi orang Indonesia. Mungkin sudah disukai dan dimasak masyarakat sejak zaman awal mula kerajaan-kerajaan di Nusantara.  Zaman sebelum pendingin  ruangan dan bahan makanan ditemukan, garam diandalkan untuk mangawetkan makanan dan membantu manusia bertahan hidup. Tak hanya dibawa untuk bepergian jauh, ikan asin juga jadi pelengkap untuk makan bersama sayur dan lauk pauk lain di meja makan.

 

 

 

Tantangan terbesar yang akan makanabis ulik berikut ini adalah bagaimana cara memilih ikan asin yang baik dan lezat. Meski sudah dalam bentuk diasinkan, kita tetap harus memilih bentuk dan kondisi ikan asin. Karena hanya dengan pemilihan bahan ikan terbaik dan pengawetan memadai, maka ikan asin itu akan memiliki cita rasa yang enak pula. Ikan asin yang bagus itu selain terasa asinnya dan ada wanginya. 

foto : foodfam
foto : foodfam

Sebelum memilih, pahami proses pembuatan ikan asin. Pertama ikan segar langsung diasinkan dengan garam kemudian dijemur. Kedua ikan difermentasi terlebih dahulu dengan cara direndam air garam. ketika ikan tampak hendak membusuk, baru dijemur. Ikan asin yang difermentasi terlebih dahulu ini yang memiliki wangi lebih harum. Namun prosesnya memang terbilang lebih panjang. Sehingga jarang ditemui di pasaran.

 

 

 

Namun dari proses pembuatan fermentasi akan menghasilkan ikan asin yang Jika dicium memiliki wangi yang menggoda selera, juga jadi tanda bahwa ikan asin diolah dengan baik tanpa tambahan bahan kimia berbahaya.  Inilah ikan asin yang harus dipilih dan dibeli. 

foto : food&wine
foto : food&wine

Selanjutnya, ikan asin yang diolah dengan benar tanpa penambahan zat kimia, teksturnya juga padat. Tidak mudah hancur ketika ditekan dengan jari. Ini adalah tanda ikan asin melewati proses pengawetan yang sempurna. Ini artinya ikan ini layak makan. Selain dilihat dari proses pembuatannya, ikan asin yang baik juga dapat diamati dari lingkungan sekitar penjualnya. Sesungguhnya wajar jika ada sedikit lalat pada lapak ikan asin. Jika sama sekali tak ada, justru bisa menjadi pertanyaan apakan ada zat berbahaya yang digunakan untuk mengawetkan ikan.

Article Lainnya


Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Mengapa Pakai Olive Oil untuk Memasak?

Mengapa Pakai Olive Oil untuk Memasak?

Sejak lama Olive oilatau minyak zaitun dipakai untuk memasak. Sayangnya minyak i...

Waspada Hidden Sugar!!! Makanan Perusak Kesehatan

Waspada Hidden Sugar!!! Makanan Perusak Kesehatan

Ada banyak bahan dan jenis makanan yang dapat membahayakan kesehatan. JIka selama ini masyar...

Obat Herbal Alami Jantung Koroner

Obat Herbal Alami Jantung Koroner

Jantung koroner adalah pembunuh nomor satu di dunia dan Indonesia. Jantung koron...

JELAJAH