Kembali ke Article

Pilih-pilih Talenan

01 Sep 2020 Ragam
Pilih-pilih Talenan
01 Sep/2020

Talenan atau kadang ada yang menyebut telenan, landasan, tatakan dan lain sebagainya,  adalah alas atau landasan untuk memotong, mencincang, dan seterusnya. Peralatan dapur ini biasanya digunakan untuk mempersiapkan masakan.

 

 

Makanabis menghimpun beberapa jenis talenan kelebihan dan kekurangannya dari sisi bahan pembuatnya, kebersihan dan ketahanan. Ternyata talenan tersebut memiliki kekhasan serta ketahanan masing-masing. Berikut ulasannya:

 

Talenan Plastik

Talenan plastik seperti terlihat bersih dan mudah dibersihkan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa talenan mungkin tidak bebas kuman seperti yang banyak dipikirkan orang. Karena pisau dapat merusakkan permukaan talenan plastik hingga dapat dipakai sebagai tempat persembunyian bakteri.  Sisi baiknya, talenan plastik  tipis dan mudah disimpan, lembut di pisau, dan tidak terlalu mahal.

 

 

Saran: Talenan  berbahan plastik cocok untuk roti dan sayuran. Hindari memotong daging dengan talenan ini. Harus menggantinya sekali atau lebih dalam setahun untuk menghindari potensi penyakit bawaan makanan.

 

 

 

Talenan Bambu

Talenan bambu  dianggap paling   ramah lingkungan.  Talenan bambu menawarkan sifat sanitasi yang mirip dengan talenan kayu tradisional. Bambu berpotensi lebih bersih daripada kayu keras. Meski ada anggapan  bambu kurang lembut dan kurang menyerap. Talenan ini harus dicuci dengan tangan karena jika dicuci di mesin pencuci piring akan   membengkokkan bahannya.

 

Saran: Meskipun bersih dan ramah lingkungan, talenan bambu   bisa sangat keras pada bilah pisau. Ini akan membuat Anda untuk mengasah pisau lebih sering daripada sebelumnya.

 

 

 

 

 

Talenan Kayu

Talenan kayu cukup populer karena kemungkinannya paling kecil untuk merusak bilah pisau Anda, bertekstur bagus, dan tersedia untuk melengkapi apa pun pelapis kayu yang ada di dapur Anda. Papan ini harus dicuci dengan tangan untuk mencegah lengkungan dan sesekali memerlukan pengondisian dengan minyak goreng untuk menjaga kondisi tetap bersih.

 

 

Saran: Talenan kayu yang berkualitas harganya sangat mahal. Talenan kayu  dapat berfungsi ganda sebagai permukaan kerja dan piring saji. 

Talenan Granit

Talenan granit atau  marmer adalah yang paling mewah dari banyak pilihan diatas. Lebih menarik secara visual dan tahan lama. Namun granit terlalu berpori hingga memungkinkan kontaminasi silang bahkan setelah pembersihan.

 

 

Saran: Baik lempengan marmer atau granit sangat aman dan sangat indah untuk digunakan saat mengiris buah, keju, dan crudité, tetapi tidak selalu praktis untuk persiapan makanan sehari-hari.

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH