Kembali ke Article
Poporcis, Kue Sajian Natal Khas Ambon foto:mommiecooks
29 Nov/2019

Poporcis, Kue Sajian Natal Khas Ambon

29 Nov 2019 Food Story

Tanggal 25 Desember, semua umat kristiani akan merayakan hari Natal. Pohon cemara, hiasan natal, kado serta berkumpulnya keluarga menjadi momen yang paling dinantikan. Ketika berkumpul, kurang lengkap rasanya jika tidak menyediakan makanan atau minuman. Menjelang Natal, ada beberapa makanan dan minuman yang identik akan selalu disuguhkan. Di Ambon, ada makanan khas yang kerap disajikan saat Natal.

Adaptasi dari kue khas Belanda

Mengingatkanmu pada kue di luar negeri? Kamu enggak salah, kok. Sebenarnya kue ini diadaptasi dari kue khas Belanda bernama kue poffertjes. Bentuknya seperti pancake namun berukuran lebih kecil, sehingga kerap disebut pancake mini.

Tampilannya sangat cantik, karena diatasnya akan ditaburi gula halus. Taburan gula halus ini mirip seperti salju ketika Natal di luar negeri, ya? Gak harus gula halus, kok. Bisa juga diganti atau bahkan ditambahkan lainnya, seperti es krim, madu, atau parutan keju. Tesktur kuenya halus dan empuk, dan cita rasanya manis. Meskipun kecil, kue ini cukup mengenyangkan!

Kue Poporcis bagi Masyarakat Ambon

Kue poporcis ini adalah kue yang wajib ada saat perayaan hari Natal bagi masyarakat di Ambon. Biasa disantap di pagi hari bersama dengan keluarga. Selain itu, Kue ini juga biasanya dijadikan suguhan kepada para tamu ketika berkunjung. Gak heran kalau tiap hari Natal tiba, kamu bisa menemukan kue poporcis ini di tiap rumah masyarakat Ambon.

Apa bedanya dengan kue poffertjes ala Belanda?

Bahan dasar pembuatannya sebenarnya sama seperti poffertjes, yaitu berupa tepung terigu, kuning telur, baking powder, susu cair, mentega, dan garam. Hal yang unik pada sajian kue poporcis ambon ini adalah masyarakat kerap menambahkan potongan labu kuning ke dalam adonannya. Selain itu, cara membuatnya pun berbeda. Jika pofferjes dibuat dengan teflon, maka kue ini dibuat menggunakan wajah yang alasnya berlubang-lubang kecil. Meski begitu, sebenarnya kedua kue ini sama. Di luar negeri atau di Belanda, kue ini juga kerap disantap saat merayakan hari Natal. Wah, kelihatannya enak banget ya? Apalagi kalau dimakan sambil ditemani segelas teh manis hangat. Makin Maknyus! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri

Article Lainnya


Brownies, Maniskan Segala Suasana

Brownies, Maniskan Segala Suasana

Siapa yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang s...

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

Hari Natal sebentar lagi. Banyak umat kristiani yang mulai berbelanja kebutuhan natal seperti hadiah...

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Berbicara soal buah alpukat, buah yang satu ini termasuk buah yang sangat digemari karena rasanya ya...

Perjalanan Panjang Bakso

Perjalanan Panjang Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Bakso adalah bola-bola daging yang terdiri dari campuran daging gi...

JELAJAH