Kembali ke Article

Pemprov JATIM Peduli, Hadirkan Lumbung Pangan dengan Tetap Physical Distancing

21 Apr 2020 Ragam
Pemprov JATIM Peduli, Hadirkan Lumbung Pangan dengan Tetap Physical Distancing
21 Apr/2020

 

Mulai 21 April 2020, warga Jawa Timur akan mendapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar acara Lumbung Pangan Jawa Timur di Gedung JX International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Kegiatan ini adalah upaya dari Pemprov untuk meringankan beban warganya yang terdampak Covid 19.

 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, Lumbung Pangan Jatim disediakan bagi masyarakat yang terdampak sosial ekonomi akibat pandemik virus corona. “Ini cara Pemerintah Provinsi Jatim menyediakan sembako dengan harga di bawah harga pasar bagi masyarakat yang terdampak sosial ekonomi Covid-19,” ujar Khofifah saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu malam (19/4).

 

Khofifah menegaskan, berbagai kebutuhan pokok di Lumbung Pangan Jawa Timur tersebut  dapat dipesan secara pre-order (PO). Dan untuk pengambilannya dari pembelian yang dilakukan dapat  melalui layanan drive through yang telah disediakan di lokasi JX International Surabaya.

 

“Berbagai kebutuhan pokok di Lumbung Pangan Jatim juga bisa dipesan di aplikasi online  atau dalam jaringan (daring) dengan transportasi bebas ongkos kirim bagi masyarakat yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari Gedung JX International. Dan untuk mengantisipasi physical distancing. Masyarakat datang langsung ke lokasi, sudah diatur jarak dua meter satu sama lain, khsususnya saat pembayaran di kasir,” ucapnya pada media. 

 

 

 

Sementara Erlangga Satriagung Direktur Utama PT Panca Wira Usaha Jawa Timur, memastikan barang-barang kebutuhan pokok yang tersedia di Lumbung Pangan Jatim harganya di bawah harga pasar. “Beberapa jenis komoditas yang sudah kami siapkan, antara lain  beras medium dan premium. Dengan selisih harga  Rp 500 perkilogram dari harga pasar. Juga minyak goreng, ada beberapa merek dengan selisih harga sekitar Rp 500 hingga Rp700 dari harga pasar. Demikian juga dengan telur ayam yang berbeda hingga Rp3.000,” jelasnya.

 

Menurut pimpinan holding company dari Wira Jatim Group ini, komoditas yang dijual paling murah adalah gula, dengan perbandingan harga mencapai Rp 6.000 dari harga pasar. “Namun untuk memenuhi rasa keadilan, pembelian komoditas gula akan kita batasi, yaitu setiap orang hanya diperbolehkan membeli paling banyak 2 kilogram,” tegasnya.

 

 

Protokol physical distancing tetap jadi prioritas keselamatan, foto : Tritan
Protokol physical distancing tetap jadi prioritas keselamatan, foto : Tritan

 

Bahan pokok yang tersedia di Lumbung Pangan Jatim meliputi beras, telur, minyak, mie instant, gula, hingga makanan beku atau frozen food. Akan ada dua cara pembelian sembako, yaitu melalui jalur offline dan online. Untuk jalur offline, pembeli mengantre masuk area jatim expo, dalam satu sesi pembelian hanya dibatasi maksimal 5 orang pembeli agar tetap sesuai dengan imbauan physical distancing. Pembelian offline dapat dibayarkan secara tunai maupun non tunai (Lumbung Pangan Jatim menyediakan QRIS).

 

Sementara untuk jalur online: pembeli dapat memesan melalui aplikasi Meeberian secara pre order tanpa perlu antre. “Pesan bisa dilakukan sedari  rumah, bayar secara non-tunai, dan barang dapat diambil 3 jam setelah pemesanan, dengan waktu pengambilan pukul 10.00-13.00 WIB. Dan untuk titik pengambilan online berada di sisi kanan Jatim Expo, arah masuk parkiran basement,” jelas Rudy Hartawan, CEO PT Meeber Teknologi Indonesia.

 

 

Lebih nyaman belanja dengan pre order meeber, foto: Tritan
Lebih nyaman belanja dengan pre order meeber, foto: Tritan

 

Rudy menjelaskan dengan menggunakan Meeberian pengguna dimudahkan karena tidak perlu lagi antri pada saat pembayaran. Hal ini karena pembayaran sudah dilakukan secara online. Sebab Meeberian, satu aplikasi dengan system pembayaran digital yang lengkap

 

“Kami sangat mendukung langkah Pemprov Jatim dengan Lumbung Pangan ini. Selain untuk meringankan beban warga akibat pandemi covid 19, langkah ini juga untuk mengeduksi masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah dan memutus penyebaran mata rantai virus corona. Selain harus menjaga jarak, masyarakat sudah selayaknya memilih cara-cara digitalnya saat bertansaksi. Meeberian adalah solusi cerdas,” ucap Rudy.

Belanja 1 item maksimal  2 pcs, foto : Winona
Belanja 1 item maksimal 2 pcs, foto : Winona

Article Lainnya


Salah Olah,  Lidah Serasa Bertulang

Salah Olah, Lidah Serasa Bertulang

Bagian sapi yang satu ini sangat populer dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau pasar...

 Penyakit Kelas Berat,,,,,Lagi-Lagi Obatnya Hanya Ciplukan

Penyakit Kelas Berat,,,,,Lagi-Lagi Obatnya Hanya Ciplukan

Pada edisi lalu, makanabis mempublish manfaat daun pohon ciplukan bagi kesehatan. Respon pembaca mak...

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Semua pasti setuju, karang gigi membuat pemandangan mulut terlihat kurang sedap ...

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Peru, sebagai salah satu negara destinasi wisata di Amerika Selatan, tentu ada hal ist...

JELAJAH