Kembali ke Article

Rahasia Bolu Kukus ‘Tertawa’

26 Mar 2020 Headline Tips n Trick
Rahasia Bolu Kukus ‘Tertawa’
26 Mar/2020

 

Ternyata membuat bolu kukus itu gampang-gampang susah. Seringkali kita gagal membuat bolu kukus jadi mekar merekah layaknya sedang ‘tertawa’, padahal daya tarik bolu kukus adalah dari mekarnya kue tersebut. Jika tidak mekar, dimana letak kesalahannya? Ingin tahu? Yuk, ikuti ulasan Makanabis berikut.

 

 

Sebenarnya membuat bolu kukus sama dengan cara membuat kue bolu yang lain. Agar bolu mekar dibutuhkan cairan berupa minuman/air bersoda yang membantu bolu merekah bagus saat dikukus. Gunakan air soda yang baru karena air soda lama sodanya sudah menguap jadi tidak dapat membantu bolu mengembang sempurna. Tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein sedang. Gunakan telur yang ukurannya tidak terlalu besar karena jika terlalu besar adonan tidak bisa mengental dengan baik.

 

Proses pembuatannya dengan mengocok gula pasir dan telur serta pengemulsi hingga kental sekali dan mengembang, kocok dengan kecepatan tinggi. Penggunaan gula pasir dalam jumlah banyak bertujuan agar bolu merekah maksimal saat dikukus sebagai reaksi adonan dengan kandungan gula yang tinggi.

 


Pakailah cetakan dari aluminium yang berlubang agar panasnya merata ke dalam adonan. Supaya mekar sempurna, bolu kukus harus mendapat panas dari segala arah saat dikukus. Isi adonan hingga penuh karena pengisian yang kurang menyebabkan bolu tidak bisa merekah maksimal.

Sebaiknya sebelum adonan dikukus, panaskan panci pengukus 15 menit sebelumnya agar panasnya maksimal dan bungkus tutup panci dengan kain atau serbet agar uap air tidak menetes pada adonan yang menyebabkan adonan tidak mekar. Pada saat mengukus, jangan sering-sering membuka tutup panci agar proses pengembangannya tidak terganggu. Bukalah tutup sekitar 10 menit kemudian karena bolu kukus akan matang setelah 10 menit. Tes kematangannya dengan menusukkan lidi ke adonan, jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi berarti bolu kukus sudah benar-benar matang.

Untuk menghindari bolu kukus mengering setelah matang, tempatkan bolu kukus dalam wadah yang tertutup rapat atau bisa juga dengan cara membungkusnya dengan plastik kue satu per satu agar kue tidak kering dan keras. Apabila bolu kukus terlanjur kering, kita dapat mengukusnya lagi. Sekarang sudah tahu kan rahasia agar bolu kukus yang kita buat jadi ‘tertawa’ lebar. Semuanya harus diperhatikan secara seksama agar hasil yang didapat maksimal.  Paskalis Andrew.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

JELAJAH