Kembali ke Article

Rahasia Memasak Cumi Anti Alot

05 Dec 2019 Tips n Trick
Rahasia Memasak Cumi Anti Alot
05 Dec/2019

Seperti bahan seafood, cumi-cumi adalah salah satu yang paling popular. Banyak olahan berbahan dasar cumi bisa dibuat. Dari cumi asam manis, cumi saus tiram, cumi tepung, cumi saus padang dan masih banyak yang lainnya.

 

 

Namun tidak seperti bahan seafood yang lainnya, cumi menawarkan sebuah tantangan bagi pengolahnya. Tidak jarang, pengolahan yang salah membaut cumi menjadi sangat liat, alot bahkan bagi sebagian orang cumi bisa berubah seperti karet. Cumi memang terbilang bahan yang cukup cepat mengeras. Apa rahasia sukses memasak cumi, baca ulasan makanabis berikut ini:

Sebenarnya rahasia memasak cumi terletak pada waktu pemasakan. Cumi yang lembut didapat dari pemasakan yang cepat dengan api yang besar. Semakin lama memasak cumi, maka tekstur yang keluar akan semakin keras.

 

 

Pemilihan jenis cumi-cumi juga sangat berpengaruh. Cumi yang berukuran kecil akan lebih cepat empuk ketika dimasak dibandingkan cumi-cumi besar. Agar menjadi sajian lezat yang dagingnya tetap empuk. Sebelum dimasak lumuri cumi dengan air perasan jeruk nipis atau lemon dan garam, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, cuci bersih cumi sambil diremas agar lendirnya dan sisa air jeruk nipisnya benar-benar hilang. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis yang ada. Cumi pun siap untuk dipotong-potong sesuai selera dan dimasak lebih lanjut.

Tumis

Sebelum menumis cumi Pastikan menumis bumbu hingga benar-benar matang, baru masukkan potongan cuminya. Tumis sebentar dengan api besar hingga cumi bercampur rata dengan bumbu. Lalu segera angkat dan sajikan.

Bakar

Jika pilihannya membuat cumi bakar, maka langkah yang diambil juga seperti membakar ikan atau ayam. Rendam cumi beberapa saat dalam bumbu, kemudian langsung dipanggang di atas panggangan. Saat membakar, jangan lupa untuk mengolesi cumi i dengan bumbunya dan bakar hingga matang. Lakukan ini untuk sisi cumi sebaliknya. Bisa juga dengan memberikan keratin pada cumi agar tampilannya makin menawan.

Sup

Saat memilih cumi untuk sup sebaiknya cermati langkah berikut ini. Pisahkan cumi dari bahan lainnya. Tumis bumbu sup hingga matang, kemudian masukkan air dan sayuran. Masak hingga semua bahan matang. Jika sudah mendidih atau matang, 1 hingga 3 menit sebelum sup diangkat, masukkan cumi ke dalam rebusan sup. Biarkan mendidih sebentar dan langsung angkat sup untuk dihidangkan.

Goreng

Menggoreng cumi juga salah satu menu yang disukai masyarakat.  Sebaiknya gunakan minyak yang banyak atau deep frying agar seluruh bagian cumi terendam. Tunggu minyaknya panas baru masukkan cumi. Jika dibalut tepung, masukkan cumi yang sudah bertepung satu persatu. Ini dilakukan agar seluruh bagian cumi tepung itu tidak menempel satu sama lain. Jadi, kunci utama agar cumi tidak keras atau alot yaitu perhatikan waktu memasaknya.Paskalis Andrew

 

 

 

Article Lainnya


5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Kopi sering kali dianggap sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit seperti jant...

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

JELAJAH