Kembali ke Article

Rendaman Sarang Burung Walet Dongkrak Imunitas

02 Sep 2020 Healthy Food
Rendaman Sarang Burung Walet Dongkrak Imunitas foto : istw
02 Sep/2020

Sudah sejak lama, sarang walet dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayangnya masih sangat sedikit orang yang mengetahui bagaimana cara mengolah hingga mendapatkan manfaat kesehatan dari sarang burung walet.

 

Makanabis tertarik untuk mengulasnya, karena selain mahal, sarang walet ini juga terbilang langka. Karena itu pengetahuan untuk memanfaatkannya juga harus mumpuni agar tidak ada  yang terbuang percuma. Berikut  cara mengolah sarang burung walet sebagai obat herbal yang menyehatkan.

Merendam sarang walet. foto : hallonest
Merendam sarang walet. foto : hallonest

Manfaat sarang burung walet untuk tubuh kita, yakni dapat menjaga imun tubuh ataupun untuk memperbaiki imun tubuh yang rusak saat sakit. Selain tidak ada efek samping karena bukan obat-obatan kimia, cara ini terbukti efektif mengobati segala macam jenis penyakit.

Sediakan sedikitnya dua buah sarang burung walet. Jika disekitar rumah Anda ada yang memiliki rumah peternakan walet, itu lebih bagus lagi. Jika tidak, Anda dapat membeli dengan menjaga keaslian dari sarang walet tersebut.

 

 

 

Rendam sarang walet dalam air bersih. Kemudian, setelah sarang walet lemas, buang segala macam yang menempel di sarang tersebut. Setelah dirasa bersih, bilas sekali lagi dengan air mengalir. Masukkan arang burung walet yang sudah bersih di dalam tempat air minum, lalu tambahkan air secukupnya. 

Pembersihan kotoran yang menempel hingga serat terkecil. foto : hallonest
Pembersihan kotoran yang menempel hingga serat terkecil. foto : hallonest

Air rendaman sarang burung walet siap dikonsumsi tiga kali sehari atau lebih. Sebagai obat, dua buah sarang burung walet yang dikonsumsi hanya air rendamannya saja dapat bertahan hingga 6 bulan lebih. Sedikit demi sedikit sarang burung walet menyusut hingga larut bersama air yang kita minum.

Lantas rasanya bagaimana? Soal rasa, air hasil rendaman sarang burung walet tersebut tidak memiliki rasa sama sekali. Bahkan, sama seperti air mineral pada umumnya. Memang ada   ada sedikit bau seperti bau amis telur, namun kalau dihitung   skala dari 10%, bau tersebut hanya 0,5%, sangat kecil bukan.

 

Sarang walet akan mengembang, dan airnya dapat dimanfaatkan. foto : hallonest
Sarang walet akan mengembang, dan airnya dapat dimanfaatkan. foto : hallonest

Rendaman sarang walet ini dapat dipakai sebagai suplemen atau obat daya tahan tubuh. Mengonsumsi ramuan yang dibuat dari sarang burung walet ini Tidak mengakibatkan efek samping yang buruk dan bebas dari bahan pengawet.  

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH