Kembali ke Article

Riwayat Sate jadi Hidangan Nasional

21 Aug 2021 Food Story
Riwayat Sate jadi Hidangan Nasional source : wiki
21 Aug/2021

 

Sate, sattai, satay atau sati merupakan nama khas  hidangan tradisional yang hampir ada disemua negara di Asia Tenggara. Hidangan yang cukup simpel adalah hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari daging tusuk sate yang disajikan dengan saus kacang atau kecap di sisi.

 

 

 

Semua jenis daging hampir-hampir bisa dipakai untuk membuat sate. Dibeberapa daerah dan negara secara khusus juga menjual sate-sate eksotis yang terbuat dari daging  anjing, daging ular hingga buaya. Tapi secara umum, semua hampir sama dari cara pembuatan hingga cara penyajiannya. 

source : tropenmuseum
source : tropenmuseum

 

Sebagian besar proses pembuatan sate adalah dengan memarinasi  daging  sebelum dipanggang. Disini letak perbedaannya, masing-masing tempat punya kekhasan untuk urusan marinasi. Ada yang memarinasi daging pada  kecap gelap, gula, bawang putih, jus jeruk nipis, dan bumbu-bumbu rahasia lainnya.

 

 

Secara historis diyakini sate berasal dari Indonesia wilayah Jawa. Sate dikembangkan dan mendapat pengaruh dari  pedagang Muslim India yang melakukan perdagangan pada mulai abad ke-8 di Jawa dan Sumatra. Teori lain mengklaim bahwa sate diciptakan pada abad ke-19 oleh penjual jalanan Indonesia sebagai modifikasi dari  kebab India. Pendapat ini mendasarkan pada  fakta   sate  jadi sangat  populer, ketika imigran Muslim dari India dan Arab  menghuni wilayah-wilayah tersebut.

 

 

source : wiki
source : wiki

 

Dari Nusantara sate cepat menyebar di seluruh Asia Tenggara hingga ke seluruh dunia. Sate di Indonesia telah menjadi menu dan hidangan nasional. Dari penjual pinggir jalan, resto, hotel bintang lima hingga Istana Kepresidenan, semua menghidangkan sate. Saus yang paling umum disajikan bersama  sate adalah saus kacang, kedelai, atau kecap manis, dengan menyertakan irisan bawang merah atau nanas.

 

 

Article Lainnya


Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Hampir seluruh bagian sirsak bermanfaat obat. Daun dan buahnya sangat efektif menjadi obat b...

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Kabar mengejutkan datang dari lembaga riset di Amerika Serikat. Lebih dari 20 laboratorium y...

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

Saat makan di warung tradisional, coba perhatikan dengan seksama sekeliling Anda. Ada ...

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Waspada ketika gairah seks mulai meredup. Beberapa penyebabnya antara lain karena tekanan ps...

JELAJAH