Kembali ke Article

Salad Tradisional Indonesia

Salad Tradisional Indonesia Sumber : tribunnews.com
10 Feb/2020

Indonesia sangat terkenal dengan beragam kuliner yang sangat lezat. Rempah-rempah yang melimpah menjadi salah satu penyebabnya. Meskipun makanan Indonesia identik dengan makanan berkalori tinggi, namun Indonesia juga memiliki beragam makanan sehat yang gizinya seimbang. Tak jauh berbeda dengan salad, Indonesia juga memiliki salad tradisional yang sangat lezat dengan harga yang relatif terjangkau. Makanabis akan memaparkan beberapa salad khas Indonesia.

Sumber : food.detik.com
Sumber : food.detik.com

Pecel

Makanan yang berasal dari Jawa ini sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Biasa disajikan sebagai menu sarapan, pecel merupakan perpaduan sempurna dari sayuran dan sambal kacang. Sayuran yang digunakan biasanya terdiri dari tauge dan kangkung. Pecel biasa disajikan dengan nasi atau lontong serta peyek. Tahu, tempe, atau telur juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap.

 

Sumber : fimela.com
Sumber : fimela.com

Gado-Gado

Makanan khas Betawi ini juga hampir mirip dengan pecel. Hanya saja, secara visual gado-gado lebih bagus karena memiliki warna yang beragam, yakni merah dari tomat, hijau dari kangkung, selada, kacang panjang, dan mentimun, putih dari tauge, dan kuning dari telur rebus. Gado-gado juga biasa dinikmati dengan lontong dan kerupuk. Bumbu yang digunakan juga berbeda karena sambal kacang harus direbus dengan santan dan bahan-bahan lainnya.

Sumber : food.detik.com
Sumber : food.detik.com

Karedok

Sama seperti pecel, karedok juga merupakan sayuran yang dibumbui sambal kacang. Namun perbedaannya adalah pada isian yang biasanya ditambahkan dengan sayur kol. Selain itu, bumbu kacang yang digunakan juga bercampur dengan kencur, selayaknya makanan sunda lainnya yang didominasi dengan kencur. Sebenarnya tak hanya karedok, di Jawa Barat juga memiliki lothek. Perbedaannya hanya terletak pada pengolahan sayuran sebelum disajikan. Jika karedok menggunakan sayur mentah, lothek menggunakan sayur yang telah direbus.

Ketoprak

Jika dibandingkan dengan pecel, gado-gado, maupun karedok, ketoprak sangat berbeda secara visual. Hal ini disebabkan karena isian di dalamnya. Ketoprak, yang merupakan makanan khas Betawi ini biasnya terdiri dari lontong atau ketupat, tahu goreng, tauge, mentimun, dan bihun. Secara rasa, bumbu ketoprak lebih didominasi dengan rasa bawang putih. Ketoprak biasa disajikan dengan kerupuk.

Sumber : endeus.tv
Sumber : endeus.tv

Rujak

Rujak merupakan salad yang sangat populer di Indonesia. Terdiri dari buah-buahan dan sayuran, rujak sangat khas karena bumbunya sangat identik dengan rasa pedas. Bumbu rujak biasanya terdiri dari petis atau kacang dan cabai. Bahkan di Surabaya, rujak cingur adalah rujak paling populer. Dengan isian lontong, tahu, tempe, sayur, buah, dan cingur sapi yang disiram dengan sambal kacang dan petis membuat rujak cingur memiliki rasa gurih yang sangat khas.

Sumber : pasberita.com
Sumber : pasberita.com

Urap & Trancam

Urap dan trancam adalah nama untuk menyebut makanan yang terbuat dari sayuran yang dicampur dengan parutan kelapa dan rempah-rempah yang sudah diulek. Di Jawa Timur, mereka lebih familiar dengan urap, sedangkan masyarakat Jawa Tengah memiliki trancam untuk makanan serupa. Perbedaan dari keduanya terletak pada sayur yang digunakan. Trancam biasanya ditambahkan kemangi dan kenikir, sedangkan urap tidak. Selain itu, sayuran yang akan digunakan untuk urap harus direbus terlebih dahulu, sedangkan sayuran pada trancam adalah ayuran mentah.

Sumber : drasya.blogspot.com
Sumber : drasya.blogspot.com

Asinan

Asinan dari Bogor ini adalah sejenis salad yang terdiri dari buah-buahan, tauge, mentimun, kol, dan wortel. Semua bahan tersebut yang sudah dimasukkan kedalam piring atau mangkok akan diguyur dengan air garam dan cuka. Dari situlah, nama asinan muncul. Rasa asinan memang perpaduan antara rasa asin, manis, dan asam. Tak ketinggalan, kerupuk juga sangat cocok dijadikan pelengkap asinan.

Tentunya masih banyak sekali daftar salad di Indonesia yang tak kalah lezat dengan salad-salad diatas. Semua makanan tersebut sangat mudah dijumpai, dari penjual gerobak sampai restoran mewah. Mana yang menjadi favoritmu?

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Inas Rifqia

Article Lainnya


Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

6 Keju Terpopuler di Indonesia

6 Keju Terpopuler di Indonesia

Produk olahan susu bertekstur lembut dengan rasa asin yang cukup kuat. Keju adalah bahan yang ...

Meloui & Chicken Bastila Menu Lebaran Maroko

Meloui & Chicken Bastila Menu Lebaran Maroko

Gurih dan sedikit asam itulah kesan pertama saat makanabis.com mencicip menu lebaran ala Maroko. Men...

JELAJAH