Kembali ke Article

Sate, Makanan Khas Jawa yang Dibawa Bangsa India

02 Mar 2020 Food Story Headline
Sate, Makanan Khas Jawa yang Dibawa Bangsa India
02 Mar/2020

Sate merupakan salah satu makanan tradisional dari Jawa, Indonesia yang terbuat dari potongan daging yang ditusuk atau dililit ke tusukan dan dipanggang. Daging yang dimaksud adalah daging kambing, ayam, sapi, atau kerbau. Sate juga biasanya disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan lezat. Namun seiring dengan meluasnya sate ke penjuru Indonesia, varian sate pun menjadi bermacam-macam seperti sate Padang, sate Madura, sate klathak, sate kerang, dan lainnya. Tak hanya di Indonesia, kelezatan sate sudah diakui di kancah internasional. Hal tersebut terbukti dengan dijadikannya sate sebagai salah satu makanan Indonesia dari 50 makanan terenak di dunia versi CNN.

Untuk mengetahui awal mulanya makanan yang sangat legendaris ini, kita perlu merujuk pada masa dimana Bangsa India datang ke Indonesia untuk berdagang. Pada masa itu, orang-orang Gujarat, India datang berdagang sekaligus membawa makanan berupa daging panggang atau biasa disebut kebab. Daging yang dibakar dianggap sesuatu yang baru bagi Bangsa Indonesia saat itu karena kebiasaan orang Indonesia memasak daging dengan cara direbus. Karena rasanya yang cocok di lidah orang Indonesia, akhirnya sate disukai dan dijajakan di berbagai tempat. Pengaruh India juga nampak pada istilah yang digunakan yakni catai yang berarti daging dalam Bahasa Tamil.

Saat ini, sate masih menjadi perebutan antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Ketiga negara tersebut merasa bahwa sate adalah makanan tradisional dari negaranya. Itu dapat dilihat dari banyaknya penjual sate di berbagai tempat di ketiga negara tersebut. Namun, sate tetap menjadi makanan khas Indonesia yang sudah diakui dunia. 2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Inas Rifqia

 

Article Lainnya


Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Berkunjung ke Afrika Selatan tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu maka...

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Saat berkunjung ke Bangka Belitung, akan sangat mudah menjumpai siput gonggong di berbagai sajian kh...

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana jantung dipaksa untuk memompa darah lebih...

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar alias Coriandrum sativum salah satu jenis tumbuhan rempah rempah yang populer s...

JELAJAH