Kembali ke Article

Saudara Kembar Nasi Goreng

24 Sep 2020 Food Story Ragam
Saudara Kembar Nasi Goreng Saudara kembar nasi goreng, foto : msn
24 Sep/2020

Nasi goreng memang favorit semua orang. Ternyata tak  hanya orang Indonesia saja yang menggemari nasi goreng. Beberapa kuliner nasi goreng di dunia, juga memiliki kesamaan bahan dengan saudara jauhnya dari Indonesia. Kembaran nasi goreng ini hanya disesuai dengan kekayaan daerah pembuatnya.

 

 

 

Makanabi mencatat ada beberapa jenis kuliner yang sangat mirip dengan nasi goreng. Bahkan begitu miripnya, membuat makanabis menyebutnya sebagai kembaran nasi goreng. Negara mana saja yang memiliki kembaran nasi goreng itu? Dan apa bahan pembedanya?

 

foto : bbc
foto : bbc

Paella - Spanyol

 

Hidangan tradisional khas Spanyol ini terbuat dari nasi dengan aneka seafood. Nama Paella diambil dari arti kata panci logam. Sesuai namanya, hidangan ini mematangkan nasi dan bahan lainnya dalam satu panci  datar berbahan logam dan berukuran besar. Seluruh bahan dicampur bersama hingga matang. Daya tariknya adalah warna orange hingga  merah Paella yang mencolok dan tambahan seafood yang melimpah.Namun Paella tidak ada setiap saat layaknya nasi goreng, hidangan ini hanya dibuat saat acara penting saja. 

 

 

 

foto : bbc
foto : bbc

Jollof - Afrika

 

Jollof atau Benachin hidangan berbahan dasar nasi yang mirip dengan nasi goreng. Kuliner ini  sering disajikan pada acara-acara besar di Ghana, Afrika. Pembuatannya adalah dengan cara ditumis menggunakan bumbu bawang, cabai, pala, jahe, jinten, dan pasta tomat. Ada banyak variasi dari jollof ini menyesuaikan daerah pembuatnya, seperti menambahkan sayuran dan aneka daging. Hal ini karena kuliner jollof bukan monopoli negara Ghana, namun hampir seluruh negara-negara di Afrika Barat seperti Nigeria, Senegal, dan Gambia juga mengklaim memiliki menu Jollof sebagai kuliner asli negaranya.

 

 

 

foto : ist
foto : ist

Chitranna - India

 

Selain nasi biryani, India juga mengenal  chitranna.  Orang India menyebut chitranna   sebagai lemon rice. Seperti umumnya masam bumbu seperti bawang, cabai, mustard, bubuk kari, dan jus lemon. Masakan berbahan dasar nasi ini diklaim sehat karena minim kandungan minyak. Semua bahan itu ditumis dan nasi dimasukkan setelahnya, sangat mirip dengan nasi goreng dari Indonesia.

 

 

 

Kabuli Palaw - Afganistan

 

Olahan nasi asal Afganistan ini dikenal kaya bumbu dan rempah-rempah. Kabuli palaw atau Qabli menggunakan bahan basmati atau beras Timur Tengah yang bulirnya berukuran panjang, dimasak dengan aneka rempah, kacang-kacangan, serta daging domba, daging sapi, atau ayam. Kemudian disajikan bersama irisan wortel, kismis, dan pistachio atau almond. Selain di Afganistan, kabuli palaw juga terkenal di Arab Saudi dan sering disajikan saat acara-acara penting.

 

 

 

 

Article Lainnya


Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Masih menganggap daun sirih hanya untuk menginang? Hanya untuk nenek-nenek? Anda kel...

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Beda sate maranggi dengan jenis sate lainnya adalah pada proses marinasinya. Marangi...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

JELAJAH