Kembali ke Article

Saus Inggris a.k.a Worcestershire Sauce

27 May 2020 Food Story
Saus Inggris a.k.a Worcestershire Sauce
27 May/2020

Pasti Anda tidak asing dengan menu ayam goreng saus Inggris. Atau daging lada hitam saus Inggris. Dan masih ada ratusan jenis menu yang diolah dengan cita rasa saus Inggris. Seorang pembaca makanabis.com suatu ketika meminta makanabis untuk mengulas asal muasal saus inggris. Mengapa diberi nama saus inggris?

 

 

Dari penelusuran makanabis.com, ternyata ada dua sumber sejarah terkait asal mula saus inggris yang banyak diyakini dan telah berulang kali ditampilkan di media massa. Namun terlepas dari kontroversi sumber sejarahnya, saus inggris telah memperkaya khasanah kuliner di Indonesia.

Beda Sejarah

 

Sumber pertama menyebutkan, Lord Marcus Sandys yang pertama kali menemukan saus inggris ini. Mantan Gubernur Jendral Inggris di Benggala India ini  sangat senang dengan sejenis saus sewaktu berada di India pada 1830. Sayang ia  tidak sempat membawa saus India itu saat mengakhiri masa tugasnya disana.

 

Sepulang di Inggris, Lord Sandys memerintahkan seorang ahli kimia yang juga seorang apoteker untuk membuat saus seperti yang bisa ia pakai saat masih di India. Sehingga tercipta sebuah ramuan saus yang cita rasanya menyamai saus India.

 

Versi kedua, menurut sejarah perusahaan Lea & Perrin's yang ditulis mantan pegawainya, Lord Marcus Sandys tidak pernah menjadi Gubernur Benggala dan tidak pernah pergi ke India menurut catatan tertulis manapun.

 

Dalam bantahannya, Lea dan Perrin’s memberikan keterangan bangsawan yang disebut sebagai "Lord Marcus Sandys" sebenarnya adalah  Arthur Moyes William Sandys, Baron Sandys II (1792–1860). Seorang politisi berpangkat Lieutenant-General dari Worcestershire dan seorang anggota Dewan Rakyat Britania Raya.  

 

 

Ada kemungkinan Identitas Arthur Moyses William Sandys, Baron Sandys II tertukar dengan putra pewarisnya yang bernama Arthur Marcus Cecil Sandys, Baron Sandys III (1798–1863) yang baru mendapat gelar Lord pada 1860. Gelar baron untuk keluarga Sandys dihidupkan kembali pada 1802. Era itu adalah masa Mary Sandys Hill yang merupakan ibu dari Baron Sandys II. Ada kerancuan, jika benar kecap inggris di ciptakan pada 1830an, harusnya yang disebut  "Lord" Sandys sebenarnya adalah "Lady" Sandys (Mary Sandys Hill). Dan hal ini sangat tidak mungkin, mengingat kultur pada masa itu sangat tidak mungkin untuk mencantumkan label atau gambar wanita pada produk. Hingga ada dugaan resep kecap inggris kemungkinan dijual ke perusahaan Lea and Perrins oleh pewaris dari Lady Sandys.

Awalnya Gagal Total

 

Tulisan Thomas Smith dianggap sebagai versi yang lebih akurat tentang penciptaan kecap inggris. Dalam buku Successful Advertising, edisi ke-7, 1885.   ...Nyonya Grey, novelis penulis buku The Gambler's Wife dan novel lainnya berkunjung ke Ombersley Court dan berkesempatan berbincang dengan Lady Sandys yang mengatakan ingin mendapatkan bubuk kari kualitas baik. Nyonya Grey menjawab bahwa dirinya memiliki resep bagus yang dihadiahkan oleh pamannya yang bernama Sir Charles, Kepala Peradilan di India.

 

 

Lady Sandys lantas mencari ahli kimia yang pintar di Worcester, yang mungkin bisa meracik bumbu dari resep Nyonya Grey. Lea dan Perrins melihat resep kari India tersebut, dan mereka ragu karena banyak bahan yang tidak tersedia di Inggris. Namun saat semua bahan tersedia, mereka akhirnya mengerjakannya juga. Dengan sebuah ide baru untuk mengencerkan  bubuk kari menjadi saus yang enak. 

Setelah saus racikan dari bubuk kari selesai, saus yang dihasilkan ternyata beraroma terlalu tajam bagi lidah orang Inggris. Dalam kekecewaan satu barel saus kreasi baru itu disimpan begitu saja di lantai bawah tanah gudang miliki Lea dan Perrins.

 

Beberapa tahun kemudian sewaktu berbenah untuk mencari ruang kosong di gudang, Lea dan Perrins penasaran dan mencicipi lagi saus yang disimpannya.   Saus yang disimpan ternyata sudah mengalami fermentasi sehingga tidak lagi berbau tajam dan bisa dikonsumsi. Botol saus pertama yang diberi merek "Lea & Perrins Worcestershire Sauce" diluncurkan pada 1838 dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Inggris. Kecap inggris Lea & Perrins diproduksi dan dibotolkan di Worcester sejak 16 Oktober 1897. Wsn/bbs

 

 

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH