Kembali ke Article

Segar, Ini 4 Makanan Thailand dengan Bahan Dasar Buah

19 Oct 2019 Ragam
Segar, Ini 4 Makanan Thailand dengan Bahan Dasar Buah Thailand culinary
19 Oct/2019

Makanan Thailand memiliki ciri khas yang mungkin tidak kamu dapatkan di tempat lain. Coba kamu perhatikan, setiap hidangan Thai akan memiliki rasa yang  ‘lengkap’. Kaya akan bumbu, rasa dari sajian Thai merupakan perpaduan rasa rasa manis, asin, masam, dan pedas yang seimbang.

Dalam satu hidangannya, kamu bisa mencicipi berbagai banyak rasa. Ciri khas lainnya adalah menggunakan buah sebagai bagian dari bahan masakan. Makanabis akan membahas empat sajian khas Thailand, yang berbahan dasar buah!

Pineapple Fried Rice

Nasi goreng ayam atau seafood mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan nasi goreng nanas? Perpaduan rasa manis, gurih dan juga segar. Ini adalah salah satu sajian klasik Thailand dalam hal kuliner. Bagian alasnya juga menggunakan kulit buah nanas, sehingga membuat aromanya juga semakin menggiurkan.

Som Tam

Bisa dibilang sajian ini merupakan salad pepaya. Buah pepaya mentah diiris tipis dan memanjang, kemudian dicampurkan lima bahan utama. Bahan utama tersebut adalah limau, cabai, asin, gurih dari kecap ikan, dan rasa manis dari gula jawa. Kemudian biasanya ditambahkan kacang tanah, pla ra, kepiting, dan plum.

Tekstur papaya yang renyah berpadu dengan cita rasanya yang segar, asam namun pedas. Som Tam ini palin enak dikonsumsi saat siang hari, di kala matahari sedang terik.Oh iya, terkadang bahannya tidak harus menggunakan pepaya, lho. Kadang di variasikan dengan menggunakan timun, mangga muda, pisang muda, bunga pisang, atau buah kecapi.

Mango sticky rice

Siapa sih yang enggak tahu makanan yang ngetrend beberapa tahun lalu ini? Hampir semua orang ingin mencoba cita rasa Khao Neeo Mamuang, yang merupakan bahasa Thai untuk sajian ini. Sesuai namanya, sajian ini berisi irisan buah mangga, yang dimakan dengan nasi yang lengket seperti ketan. Di atasnya biasa ditaburi dengan biji wijen hitam. Nasi tersebut kemudian dituang santan diatasnya. Perpaduan rasanya sangat enak, yaitu manis, gurih dan segar. Di Thailand, makanan ini termasuk ke dalam streetfood. Harganya juga cukup murah, yaitu 30 Baht atau 9000 rupiah saja, lho!

Penasaran dengan rasanya? Gak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk mencicipinya. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri. Mungkin kesulitannya adalah untuk menemukan buah mangga, karena termasuk buah musiman. Kamu juga bisa membelinya di beberapa tempat di Indonesia.

Yam Pla Dook Foo

Kalau Som tam adalah salad papaya, maka Yam pla dook foo ini adalah salad mangga. Perbedaan lainnya adalah salad mangga ini disajikan dengan ikan yang digoreng tepung hingga teksturnya menjadi krispy. Cara menikmatinya adalah dengan mencocolkan ikan krispy itu dengan salad mangga. Perpaduan rasa yang unik dan menggoyang lidah. Banyak turis yang berlibur di Thailand, akan mencoba makanan ini.

Perpaduan yang menarik, ya? Sebenarnya di Indonesia sendiri, membuat masakan dengan menambahkan buah di dalamnya bukan sesuatu yang aneh. Sudah pernah cobain keempat hidangan di atas, belum?

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Startup asal Israel, Redefine Meat, berhasil menciptakan ‘daging’ berbahan dasar...

JELAJAH