Kembali ke Article

Sejarah dan Fakta Gelato

05 Sep 2020 Food Story
Sejarah dan Fakta Gelato
05 Sep/2020

Dalam terjemahan bebas, gelato sebagai es krim ala Italia. Secara teknis terjemahan ini tidak salah. Namun sejatinya gelato berbeda dengan es krim. Dalam bahasa Italia, congelato berarti beku. Kata congelare berarti membekukan.

 

 

Walaupun gelato adalah es krim versi Italia, Makanabis melihat ada perbedaan besar terutama bahan pembuatnya.  Seperti es krim, gelato mengandung susu, gula, dan penambah rasa seperti buah atau kacang-kacangan. Bedanya, gelato tidak mengandung banyak krim. Selain itu juga hanya menggunakan sedikit kuning telur.

Zaman dahulu, orang-orang di Mesir dan Yahudi menambahkan buah dan garam pada salju untuk membuat makanan pencuci mulut primitif. Kegemaran ini juga menjalar para prajurit Romawi yang menjajah kawasan itu dan membawa teknik mengolah es ke negaranya. Dan es kaya rasa ini ternyata memikat hati Kaisar Roma.

 

 

 

Adalah Catherine de' Medici yang disebut-sebut membawa es krim dari Firenze ke Paris. Gelato pertama, yang sebenarnya lebih mirip sorbet, adalah buatan Ruggeri, peternak ayam yang jadi koki di waktu senggang. Ia ikut kompetisi yang diadakan keluarga Medici dan menang.

Pencuci mulut buatannya yang terdiri dari jus buah manis dan es. Catherine lantas memperkenalkan hidangan manis bikinan Ruggeri lewat pesta pernikahannya dengan calon Raja Prancis kala itu. Pada akhir 1500-an, keluarga Medici menugaskan jenius dan arsitek Bernardo Buontalenti untuk mempersiapkan jamuan bagi Raja Spanyol. Dengan keahlian kulinernya, Buontalenti mengolah makanan pencuci mulut krim beku yang kemudian   dikenal dengan gelato.

Bernado Buontalenti dianggap sebagai penemu gelato
Bernado Buontalenti dianggap sebagai penemu gelato

 

Meski Buontalenti dianggap sebagai penemu gelato, namun justru Francesco Procopio dei Coltelli yang mempopulerkannya. Pada 1686 nelayan Sisilia itu menggandeng koki dari Palermo. Berdua mereka menciptakan mesin gelato pertama.

Procopio kemudian  membuka kafe di Paris dengan nama Cafe Procope  yang menjual gelato dan kopi. Beberapa dari pelanggan setianya adalah penemu sekaligus pemikir terkenal Voltaire dan Rousseau. Kafe itu masih buka hingga kini, dengan menu yang lebih lengkap. Ada foie gras bebek dan tartare sapi, juga bekicot yang merupakan sajian khas Prancis.

 

 

Article Lainnya


Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Salah satu alternatif untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari bawang putih adalah dengan memanggang...

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau merupakan salah satu makanan khas China yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbu...

Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari ...

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu hal mutlak yang harus dilakukan adalah menjaga pola m...

JELAJAH