Kembali ke Article

Sejarah Dim Sum, Sempat Dilarang Karena Bikin Gendut

10 Mar 2020 Food Story Headline
Sejarah Dim Sum, Sempat Dilarang Karena Bikin Gendut
10 Mar/2020

Pengucapan Dim Sum kebanyakan dalam dialek kanton yang  secara harafiah berarti sedikit dari hati atau menyentuh hatimu. Kemudian secara umum kemudian digunakan sebagai istilah untuk menyebut camilan ringan.

Sebenarnya Dim sum sudah sejak ribuan tahun lalu. Dim sum konon bermula pada periode Jalur Sutra dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (Abad 14 M). Ketika itu para pengelana dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra kerap mampir di kedai teh pinggir jalan untuk minum teh pada sore hari.

Tradisi ini sempat memudar pada abad ketiga Tabib terkenal Hua Tuo mengatakan kebiasaan ngemil dim sum sambil minum teh bisa membuat badan jadi gemuk. Orang Kanton  di Cina Selatan tidak mengindahkan imbauan ini. malah menjadikan dim sum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama teman-teman sambil minum teh. Dari sinilah muncul istilah yumcha dalam Bahasa mandarin yincha yang artinya minum teh di kedai teh bersama teman-teman dekat sambil menyantap dimsum.

Dim sum disajikan dalam wadah kukusan bambu agar tetap hangat. Di Hongkong dan Taiwan, Dim sum kerap dinikmati bersama dengan teh sambil main mahjong. Para pria lansia biasanya datang ke restoran dim sum atau kedai teh sambil membawa sangkar burung kesayangan mereka. Dim sum dibuat dan disajikan dengan memperhatikan keharmonisan warna, bentuk, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, jenis masakannya dan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan.

 Dim sum dibagi atas 4 kategori yaitu dim sum kukus. Ceker, acar, dan aneka masakan, Dimsum goreng dan dimsum manis. Yang paling menjadi favorit adalah dim sum yang kandungan lemaknya rendah, namun karya karbohidrat seperti Steamed Rice-roll dan bakpao kukus.

Setelah abad ke 10, diketahui  telah ada sekitar 2.000 jenis macam dim sum. Di masa sekarang sebuah restoran besar dim sum biasanya menyajikan sekitar 100 jenis dim sum. Dim sum kemudian menjadi sarapan pagi khas Hong Kong  sehingga masyarakatnya mengikuti kebiasaan di Guangdong). Dim sum sengaja dibuat kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan Bentuknya harus indah agar enak dinikmati bersama teh.

Dim sum dulunya bukan sebuah makanan utama, tetapi hanya sebuah snack, dan oleh karena itu Dim sum hanya bermakna menyentuh hati, Dim sum kini sebuah makanan yang berkaitan dengan budaya makan di Cina, khususnya di Hong Kong. Dokter kini mengkritik jumlah tingginya lemak basah dan sodium dalam setengah hidangan dim sum, memberi amanat bahawa dim sum kukus tidak seharusnya dianggap berkhasiat. Para dokter juga menyarankan menyeimbangkan hidangan berlemak dengan sayur-sayuran hijau.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew

 

Article Lainnya


Mengapa Pakai Olive Oil untuk Memasak?

Mengapa Pakai Olive Oil untuk Memasak?

Sejak lama Olive oilatau minyak zaitun dipakai untuk memasak. Sayangnya minyak i...

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

2 Langkah Jitu Pilih Ikan Asin Alami yang Lezat

2 Langkah Jitu Pilih Ikan Asin Alami yang Lezat

Ikan asin semenjak dahulu jadi andalan manusia bertahan hidup. Ikan asin memiliki nilai gizi dan ras...

 Ternyata Ini Asal Usul Makanan

Ternyata Ini Asal Usul Makanan

Semua bahan makanan pasti memiliki asal usul, seperti nasi yang terbuat dari padi. Semua ora...

JELAJAH