Kembali ke Article

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

09 Jun 2021 Headline
Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika Acar lox berbahan dasar ikan salmon, source : delish
09 Jun/2021

 

Ikan  salmon berasal dari  ikan jenis marga Salmo dan Oncorhynchus. Kemudian serapan kata ini menjadi samoun dalam bahasa Inggris abad pertengahan. Pengetahuan tentang ikan ini turut terbawa oleh para imigran Eropa ke Amerika. Pendatang Amerika ini juga melihat orang-orang asli Amerika juga sudah mengolah, ikan salmon dalam menu diet mereka. 

 

 

 

Karena jumlah yang melimpah, para penjajah Eropa menjadikan salmon sebagai diet utama. Akibatnya populasi salmon merosot tajam. Akhirnya  pemerintah membatasi konsumsi salmon ini hanya boleh makan sekali dalam seminggu saja. 

Daging salmon diiris tipis-tipis, source : mjl
Daging salmon diiris tipis-tipis, source : mjl

 

Namun salmon berlimpah di pantai Timur dan Barat Amerika. Perairan di Barat Laut sangat melimpah dengan salmon, bahkan mereka menyebutnya sebagai  kalkun Alaska. Sementara di   Hawaii, disebut  Lomi Lomi, makanan yang sangat dihargai.

 

 

 

Daerah New England adalah kawasan yang  pertama kali mulai pengalengan salmon pada 1840.  Kemudian mengirimkannya ke seluruh  California. Namun pada   1864, keadaan berbalik,  California justru memasok salmon kalengan ke timur. Saat ini semua salmon Atlantik berasal dari Kanada atau Eropa.

Ikan salmon dalam kaleng yang praktis, source : everything joes
Ikan salmon dalam kaleng yang praktis, source : everything joes

 

Saat ini ada sekitar delapan spesies salmon di perairan Amerika Utara,dan sekitar lima spesies lainnya dari  perairan Pasifik. Di seluruh dunia, produksi salmon komersial melebihi satu miliar poundsterling per tahun, dengan sekitar tujuh puluh persen berasal dari peternakan salmon akuakultur.

 

 

 

Salmon asap tersedia dalam berbagai bentuk, yang paling populer adalah lox. Lox, pertama kali muncul  pada 1941. Nama lox ini berasal dari bahasa Yiddish dan berasal dari New York. Lox diawetkan dalam air garam. Tentu saja, item menu yang sangat populer adalah irisan tipis lox di atas bagel dengan krim keju. Acar lox juga menjadi favorit berkat Concord Hotel di Catskill Mountains of New York, yang membuat resep tersebut pada 1939.

 

Article Lainnya


7 Waktu Tepat Minum Air

7 Waktu Tepat Minum Air

Cukup minum air setiap hari memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Karena setiap o...

Buat  yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Buat yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Domba dan kambing, dua hewan yang berbeda, tentu saja karakter dagingnya pun ber...

Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin

Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin

Cupcakedanmuffin memang sangat mirip. Keduanya adalah kue yang ditem...

Pancake Super Ekonomis

Pancake Super Ekonomis

Panekukpunya banyak nama, pannenkoek (Belanda) dan pancake (Inggris)...

JELAJAH