Kembali ke Article

Sejarah Transformasi Kedelai Menjadi Tahu

25 May 2021 Food Story Headline
Sejarah Transformasi Kedelai Menjadi Tahu Source : one green planet
25 May/2021

 

Tahu memiliki sejarah panjang sebelum menjadi bahan makanan yang kaya gizi. Bahan dasar tahu adalah kacang kedelai yang   memiliki nama latin,  glycine max  termasuk dalam jenis kacang-kacangan. Selain sering dijadikan bahan makanan pokok, dan camilan, kacang kedelai juga biasa diolah menjadi bahan makanan lain seperti tempe, tahu, susu kedelai, tauge, tauco, kembang tahu, oncom dan kecap. Sebuah study arkeologi menemukan, tanaman kedelai  sudah dibudidayakan lebih dari 3500 tahun yang lalu di Cina dan telah menyebar ke negara Jepang hingga negara-negara Asia Tenggara.

 

 

 

Tahu adalah makanan yang berasal dari Cina, pembuatannya ditemukan oleh Liu An pada zaman pemerintahan dinasti Han, sekira  164 tahun sebelum Masehi. Tahu kemudian lantas menyebar hampir ke seluruh wilayah Asia. Selain   sudah merakyat di Indonesia, tahu juga sudah mulai dikenal   Kamboja, Thailand, Vietnam dan dibanyak negara lainnya. 

Sebuah lukisan mengenai catatan sejarah tentang tahu, source : tenderly
Sebuah lukisan mengenai catatan sejarah tentang tahu, source : tenderly

 

Ada banyak berbagai jenis tahu yang memiliki rasa sangat berbeda, tekstur padat atau lembut. Jika di Jawa Timur, khususnya daerah Kediri ada tahu kuning dengan tekstur padat dan memiliki rasa yang gurih dan lezat. Sementara  di Jawa Barat dikenal dengan tahu Sumedang yang popular hingga dibuatkan sebuah lagu. Tahu yang dikenal di Jepang adalah tofu. Tahu sutera mudah hancur sehingga kurang tahan terhadap pengolahan.

 

 

 

Kata tahu berasal dari bahasa Cina yaitu tao-hu, teu-hu atau tokwa. Kata tao atau teu sendiri  berarti kacang untuk membuat tahu, orang menggunakan kacang kedelai kuning yang disebut wong-teu, wong artinya kuning. Hu atau kwa itu artinya rusak, lumat, hancur, menjadi bubur. Kedua istilah itu digabungkan menjadi tahu. 

Proses pembuatan tahu dengan pengendapan protein, source : tofubud
Proses pembuatan tahu dengan pengendapan protein, source : tofubud

 

Tahu adalah suatu produk makanan berupa padatan lunak yang dibuat melalui proses pengolahan kedelai  dengan metode pengendapan protein. Gumpalan protein dari susu kedelai  kemudian dipisahkan dari bagian yang tidak menggumpal atau  whey lewat cara pengepresan. Saat ini tahu sudah banyak dikembangkan dengan berbagai cita rasa dan tekstur yang semakin lunak.  Seperti di daerah Lembang dikenal tahu susu. Di   Jepang tahu berkembang dan maju sehingga timbullah inovasi baru dibidang produksi tahu, misalnya tahu beku kering atau dried frozen tofu, age, grilled tofu dan nigari kinugoshi.

 

Article Lainnya


Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

2 Langkah Jitu Pilih Ikan Asin Alami yang Lezat

2 Langkah Jitu Pilih Ikan Asin Alami yang Lezat

Ikan asin semenjak dahulu jadi andalan manusia bertahan hidup. Ikan asin memiliki nilai gizi dan ras...

 Ternyata Ini Asal Usul Makanan

Ternyata Ini Asal Usul Makanan

Semua bahan makanan pasti memiliki asal usul, seperti nasi yang terbuat dari padi. Semua ora...

Kecap, Nama Pemberian Opsir Inggris

Kecap, Nama Pemberian Opsir Inggris

Berwarna hitam kental memiliki rasa yang manis dan berasal dari kedelai begitulah gambaran dari sebu...

JELAJAH