Kembali ke Article

Selain Es Cendol Dawet, Ini 7 Minuman Segar Khas Indonesia yang Berbahan Santan

11 Dec 2019 Minuman
Selain Es Cendol Dawet, Ini 7 Minuman Segar Khas Indonesia yang Berbahan Santan foto:zulfikaralex
11 Dec/2019

Selain dijadikan sebagai bahan dalam sebuah masakan, santan rupanya juga kerap dijadikan bahan dalam pembuatan minuman. Indonesia tentu memiliki banyak sekali minuman yang menyegarkan, dimana berbahan dasar dari santan. Makanabis sudah merangkum  7 minuman khas Indonesia yang menyegarkan dengan bahan dasar berupa santan!

foto:sajiansedap
foto:sajiansedap

Es Laksamana Mengamuk

Namanya unik banget, ya? Minuman khas riau ini terbuat dari campuran gula, mangga kweni dan juga santan. Aroma harumnya berasal dari mangga, dan cita rasanya manis gurih. Bahan lainnya adalahdaging kelapa, selasih dan es batu. Kamu bisa menemukan ini di acara pernikahan ataupun sebagai takjil di bulan ramadhan.

foto:joss
foto:joss

Es Gempol Pleret

Salah satu ke-khasan dari minuman ini adalah gempolnya yang berwarna-warni. Gempol ini terbuat dari tepung tapioka dan juga tepung beras. Minuman khas jawa tengah ini bercita rasa manis dan juga gurih, karena penambahan santan. Cara membuatnya adalah dengan mendidihkan santan, gula, garam serta daun pandan. Kemudian masukkan susu kental manis dan aduk hingga rata dan diamkan hingga dingin. Jadi, deh!

foto:cookpad
foto:cookpad

Es Kacang Merah

Selain berbahan dasar kacang merah, minuman ini juga berbahan dasar santan. Cara membuatnya adalah dengan memasukkan kacang merah dan kayu manis,lalu masak hingga melunak. Kemudian masukkan gula merah, gula pasir, serta garam. Untuk kuahnya, campurkan santan, garam, daun pandan dan  juga larutan tepung maizena. Aduk hingga rata, masak dengan api kecil, lalu biarkan dingin. masukkan kacang merah, lalu tuang dengan saus santan dan jangan lupa susu kental manis.

Es Pisang Ijo

Kamu pasti familiar banget dengan es khas Makassar ini, kan? Terbuat dari buah pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, dengan kuah santan, sirup merah dan bubur sumsum? Rasanya manis dan lembut. Paling enak disantap ketika dingin.

Kolak

Nah, kalau yang ini sih minuman yang kerap hadir di bulan ramadhan. Tampilannya mungkin kurang menarik, namun rasanya sangat lezat. Isiannya berupa potongan buah pisang dan ubi. Kuahnya berwarna kecokelatan, dari campuran santan serta gula merah. Cita rasanya manis dan gurih. Bisa disajikan panas atau dingin, lho.

foto:merdeka
foto:merdeka

Bajigur

Kalau ke kota Jogja, gak lengkap kalau belum cobain bajigur. Minuman ini bisa disajikan hangat ataupun dingin. Terbuat dari ml santan kental, gula jawa cair atau gula aren, bubuk kopi, dan vanili bubuk. Warnanya kecokelatan seperti kopi susu. Kamu bisa menemukan minuman ini dengan mudah di warung atau kaki lima.

Es Selendang Mayang

Minuman berisi kue bertekstur kenyal yang berwarna-warni dan terbuat dari tepung hunkwe. Sedangkan untuk kuahnya dari kuah santan dan juga saus gula. Minuman khas betawi ini kerap dikonsumsi ketika siang hari. Rasanya manis dan sedikit gurih. Apalagi di dalamnya terdapat kue kenyal yang membuat rasanya makin unik. Warnanya cantik, sehingga membuat banyak orang tertarik mencicipinya.

Semua minuman di atas memiliki cita rasa yang gurih, karena bahan berupa santan. Hayo, mana yang jadi minuman bersantan andalan kamu?  Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

JELAJAH