Kembali ke Article
Selain Soto, Ini 8 Kuliner Khas Madura ! foto:merahputih
21 Oct/2019

Selain Soto, Ini 8 Kuliner Khas Madura !

21 Oct 2019 Selera Nusantara

Madura, selain terkenal dengan berbagai destinasi wisata dan kisah menarik penduduknya, juga memiliki berbagai sajian kuliner yang menggugah selera. Buat kamu yang ingin berwisata ke Madura, nih Makanabis kasih bocoran kulinernya!

Bebek Songkem

Kuliner ini sering dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke Madura. Kaya akan berbagai rerempahan, membuat rasanya sangat menggirukan. Hal yang menjadikan sajian bebek ini istimewa adalah cabai atau lomboknya yang super pedas namun nagih. Selain itu aromanya juga harum, karena dibungkus dengan daun pisang ketika dikukus. Dagingnya berwarna kecokelatan, gurih dan lembut. Paling enak disantap dengan seporsi nasi hangat. Percayalah, kamu pasti bakalan minta tambah nasi terus!

Lorjuk

Lorjuk itu adalah salah satu jenis kerang, yang cangkangnya memanjang seperti bambu. Lorjuk ini diolah dan dijadikan sajian seperti soto. Lorjuk dicampur dengan lontong, mie soun, kacang, reremaham peyek dan disiram dengan kuah yang telah diberikan bumbu. Selain dijadikan makanan berkuah, lorjuk di Madura juga kerap dijadikan camilan.

Topak Ladhe Bangkalan

Namanya unik, ya? Makanan ini akan muncul ketika hari Lebaran. Mirip seperti opor atau ketupat sayur, namun menggunakan bahan utama berupa daging sapi. Kemudian diberikan bumbu dengan cita rasa pedas.  Kuah santannya sangat kental dan berwarna merah. Kuah tersebut terbuat dari rerempahan dan parutan kelapa. Didalamnya terdapat kacang panjang maupun sayur markisa sebagai pelengkapnya. Supaya kenyang, topak ladhe biasa disajikan dengan ketupat maupun lontong dan tentunya kerupuk.

Tajin Sobih Bangkalan

Sering dengar bubur madura? Ini adalah nama aslinya, yaitu tajin sobih. Bentuk bubur ini mirip dengan bubur sumsum. Akan tetapi, kedua kuliner tersebut memiliki khasnya tersendiri. Terbuat dari campuran antara tepung ketan dan tepung terigu, yang kemudian disiramkan gula merah cair diatasnya. Tajin sobih disajikan di atas pincuk yang terbuat dari daun pisang. Ketika dicicipi, rasanya manis dan juga legit. Kamu bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di Madura, seperti di pasar tradisional.

Nasi Serpang

Mirip dengan nasi campur, namun sedikit berbeda. Berisi nasi putih dengan berbagai lauk seperti daging ayam dan sapi suwir, telur dengan oseng buncis, sambal goreng kentang dan krecek, tempe goreng, oseng tahu dan juga mie bihun. Buat kamu yang gak suka sayur, mungkin akan menyukai makanan ‘keringan’ ini. Melihatnya saja, kayaknya bikin kenyang!

Kaldu Kokot

Sajian khas satu ini terbuat dari kacang hijau yang dicampurkan dengan bumbu rempah dan juga kikil sapi. Gimana rasanya ya kacang hijau, tapi dibuat jadi sup? Meski terasa aneh, namun banyak orang yang terpikat dengan cita rasanya. Harganya cukup mahal, sih. Sekitar 40.000 rupiah per porsinya. Tapi selama rasanya enak, kenapa enggak?

Soto Mata Sapi

Jangan dibayangkan jika nama kuliner ini adalah sebuah perumpamaan, seperti telur mata sapi. Sajian ini menggunakan bahan dasar berupa mata sapi beneran. Yup, mata sapi yang masih utuh beserta dengan tulangnya. Kemudian disiram dengan kuah soto. Tertarik mencoba?

Sate lalat pamekasan

Lalat dijadikan sate, terus dimakan? Eits, Kamu bukan disuguhkan lalat yang disusun seperti sate. Sate berbahan dasar daging sapi ini dipotong berukuran kecil hingga berukuran seperti lalat. Rasanya sih sama seperti rasa sate pada umumnya. Seporsinya kira-kira seharga 10.000 rupiah saja, lho! Namanya unik, ya? Pasti rasanya juga anti-mainstream, nih. Jadi tertarik ingin mencoba ya? MEEBERIAN GANTI GAYA! Buruan update meeberian dan nikmati tampilan baru Meeberian yang lebih fresh dan responsif. Putri P

Article Lainnya


Tips & Trick Memanggang Seafood

Tips & Trick Memanggang Seafood

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan yang ditangkap dan diambil dari laut ataupun hasil...

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding ontbijtkoek adalah puding berkaramel. Puding berkaramel sangat cocok jika disajikan tepat pes...

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Kali ini makanabis akan mengulas tentang macam-macam appetizer. Jika kalian sering ke pesta, pasti t...

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyatakan, ekonomi kreatif bakal menjadi penopang utama ekonomi...

JELAJAH