Kembali ke Article
Selain Tahu Takwa, Ini Makanan khas Kediri Lainnya! foto:agrifood
22 Nov/2019

Selain Tahu Takwa, Ini Makanan khas Kediri Lainnya!

Kota Kediri terkenal dengan tahu takwanya yang berwarna kuning. Hampir semua orang ingin menjadikan tahu ini sebagai oleh-oleh. Tahukah kamu jika Kediri juga memiliki banyak kuliner lainnya yang enggak kalah lezat? Beberapa diantaranya wajib banget kamu cicipin ketika berkunjung kesini. Makanabis telah merangkumnya buat kalian!

Sate Emprit

Nama emprit mengingatkanmu pada jenis burung, bukan? Yup, bahan dasar sate ini adalah daging Burung Pipit. Burung pipit adalah burung berukuran kecil pemakan padi. Ketika sate emprit dibakar, warnanya menjadi kecokelatan. Teksturnya empuk, tidak berbau amis, dan yang terpenting adalah tanpa lemak. Aromanya cukup kuat, namun cita rasanya gurih dan lembut. Bumbu yang digunakan sama seperti bumbu sate kebanyakan, yaitu bumbu kacang.

Sate Bekicot

Wow, siput darat dijadikan sate? Jangan kaget, kuliner ini juga merupakan kuliner khas Kediri. Sate ini  disebut juga dengan Sate Nol Dua (02) . Enggak hanya dijadikan sate, lho. Bekicot juga dijadikan olahan makanan lainnya seperti oseng-oseng bekicot, krengsengan bekicot dan kripik bekicot. Sate bekicot diberikan bumbu yang terdiri dari bawang putih, merica, kecap manis, dan cuka. Tekstur dari sate bekicot ini kenyal, sedangkan cita rasanya cukup gurih. Tertarik mencoba?

Soto Kediri

Selain Lamongan dan Madura, Kediri juga memiliki kuliner sotonya sendiri. Sepintas terlihat sama dengan soto pada umumnya, namun dengan kuah yang lebih kental.Yup, kuahnya menggunakan santan. Hal ini membuat rasa sotonya menjadi gurih, bahkan tanpa koya. Isian sotonya sama seperti daging ayam, telur, dan sayur kubis. Soto Kediri yang cukup terkenal disana adalah soto podjok.

Nasi Pecel Tumpang

Termasuk kuliner legendaris, lho. Banyak orang yang mengaku jika makan satu porsi saja kurang puas. Nasi pecel tumpang ini menggunakan sambal tumpang, yaitu sambal yang terbuat dari tempe bosok, cabai, bawang merah,bawang putih,kunyit,daun jeruk, dan juga garam. Rasanya pun menjadi khas dan berbeda dengan pecel lainnya yang menggunakan bumbu kacang. Biasa dijadikan sebagai sarapan pagi oleh masyarakat di Kediri.

Gethuk pisang

Bentuknya berbeda dengan gethuk yang mungkin selama ini kamu tahu. Gethuk ini berbahan dasar pisang. Berbentuk lonjong dan dibungkus dengan daun pisang. Mengingatkan kita pada sajian lontong. Ketika dibuka, akan terlihat gethuk yang berwarna cokelat kemerahan gelap. Teksturnya padat dan cukup keras. Hal ini supaya ketika dikukus, teksturnya enggak terlalu empuk.

Nasi Goreng Arang

Pembuatan nasi goreng ini adalah dengan menggunakan arang. Hal ini menjadikan aroma dan rasanya lebih nikmat. Akan tetapi karena menggunakan arang, maka terkadang membutuhkan waktu pembuatan yang lebih lama. Biasanya disajikan dengan wadah piring yang dialasi daun pisang. Makin nikmat aromanya!

Kalau berkunjung ke kota Kediri, jangan lupa untuk mencicipi kulinernya terutama nasi pecel sambal tumpang. Dijamin ketagihan, mau lagi dan lagi! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.

Article Lainnya


Brownies, Maniskan Segala Suasana

Brownies, Maniskan Segala Suasana

Siapa yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang s...

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

Hari Natal sebentar lagi. Banyak umat kristiani yang mulai berbelanja kebutuhan natal seperti hadiah...

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Berbicara soal buah alpukat, buah yang satu ini termasuk buah yang sangat digemari karena rasanya ya...

Perjalanan Panjang Bakso

Perjalanan Panjang Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Bakso adalah bola-bola daging yang terdiri dari campuran daging gi...

JELAJAH