Kembali ke Article

Sensasi Sehat Kopi Joss

17 Sep 2019 Coffee N Tea Headline
Sensasi Sehat Kopi Joss
17 Sep/2019

 

Suasana malam di Jogja di angkringan Lik Man, foto: istw.

Ke kota Jogjakartraakan terasa kurang jika anda tidak singgah ke Jalan Malioboro. Jalan Malioboromerupakan tempat yang ramai dengan hiburan di waktu malam hari. Dari hiburanuntuk anak-anak sampai hiburan untuk orang dewasa. Di jalan Malioboro anda akanmenemukan kopi yang tak biasa. Kenapa dikatan tidak biasa ? sebab kopi inidisajikan dengan arang yang sedang membara diambil dan dicelupkan ke dalamkopi. Ketika arang dimasukan akan muncul bunyi “joss”.

 

Seperti itu secara singkatnya dinamakan Kopi joss, namundibalik itu kopi joss memiliki sejarah yang menarik. Di kawasan stasiun Tugu,Kota Yogyakarta terdapat salah satu pedagang kopi legendaris yang bernamaAngkringan Lik ManLek Man merupakan orang yang pertama kali meracik kopi joss. Awalnya, Lik Man hanyaberdagang angkringan biasa. Pembeli kopi di angkringan Lik Man biasanyaadalah orang perkereta apian karena lokasinya berjualan dekat dengan stasiun.Sudah biasa jika seperti petugas keamanan stasiun, petugas mekanik, petugaskebersihan stasiun, hingga masinis berkunjung ke Angkringan Lik Man. 

 

Bara arang yang masuk pada seduhan kopi. foto: idreamly.

Petugas kereta api kebanyakan berasal dari Jawa Timur.Banyak dari mereka yang bekerja di stasiun itu kerap meminta kopi kothok. Kopiini merupakan kopi khas Jawa Timur. Penyajian kopi kothok unik yaitu denganmerebus langsung biji kopi bersama gula, atau tidak diseduh air panas sepertibiasa menyeduh kopi. Disebut juga di-kothok atau juga rebus, air rebusan kopiitulah yang disajikan. Waktu itu, sekitar tahun 1980-an, pelanggannya minta kopikothok. Karena Lik Mantidak bisa membuat kopi kotok, terus ya dibuat itu kopi campuran arang menyala, "Sejak saatitu, satu dua pelanggan kerap meminta kopi arang menyala ala Lik Man. Lama kelamaan,banyak yang bilang kopi yang ngejoss Lek Man enak. Lama-lama kopinya dibilangkopi joss. Sampai sekarang namanya jadi kopi joss," katanya, sembarimeracik kopi joss pesanan pelanggan.

 

Lik Manmerupakan anak pedagang angkringan. Ayahnya telah berdagang angkringan sejak1950. Pria bernama lengkap Siswo Raharjo itu lantas mewarisi dagangan ayahnyapada 1969. "Kakak saya jualan disini 40 tahunan," ujarAleks dengan dialek Jawa yang medok.  Kini resep kopiala Lik Mantelah tersebar. Di sekitaran kawasan Stasiun Tugu, angkringan kopi joss sudahmerebak bak jamur. Seiring itu pula Lik Man kini mewarisi dagangannya ke adiknya. Taksedikit juga orang yang pertama kali datang mempertanyakan keamanan arang yangdicelupkan pada Kopi Joss, Namun sejatinya kopi arang juga membawa manfaat bagikesehatan penikmatnya. Dibakar hingga suhu mencapai 250 derajat celcius, arangakan berubah menjadi karbon aktif yang bermanfaat sebagai pengikat racun yangada didalam tubuh peminumnya. 

 

.

Penemuan akan fungsi arang sebenarnya sudah ditemukanberpuluh-puluh tahun lalu. Amerika Serikat pun menggunakan arang sebagai bahandari obat anti racun, seperti Diarrest, Donnagel, dan lain sebagainya.penggunaan arang dalam Kopi Joss juga memberikan banyak manfaat. Karena sambilmenikmati cita rasa kopi asli Yogyakarta, pembeli bisa mendapatkan manfaat darizat karbon yang dilepas oleh arang.

 

 Selain zat karbon,arang aktif juga mengandung zat sorbitol, yang berfungsi sebagai zat penyerapracun yang dibuangnya melalui saluran pencernaan. Arang juga dapat mengobatpenyakit-penyakit seperti asam lambung, kembung, masuk angin, dan juga panasdalam. Akan tetapi perlu diperhatikan juga arang jenis mana yang terbaik untukdicelupkan kedalam kopi. Salah satu arang yang bisa digunakan untuk Kopi Jossadalah arang yang terbuat dari kayu sambi, yang dapat ditemui di Kalimantan. MEEBERIAN GANTI GAYA! Buruan update meeberian dan nikmatitampilan baru Meeberian yang lebih fresh dan responsive -Paskalis Andrew

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH