Kembali ke Article

Setelah Makan, Hindari 10 Hal Ini !!! (1)

20 Nov 2020 Khasiat
Setelah Makan, Hindari 10 Hal Ini !!! (1) foto : ist
20 Nov/2020

Makanan yang sehat adalah salah satu menjadikan tubuh sehat. Namun yang perlu diperhatikan adalah perilaku setelah menyatap makanan. Karena jika gaya hidup yang dijalani salah, maka meski makanan bergizipun, bukannya mendatangkan manfaat tapi justru membahayakan kesehatan. Karena kesehatan adalah aset terbesar yang kita miliki dalam hidup ini. maka perlu kiranya makanabis membagikan tips perilaku sehat setelah makan berikut ini. 

 

 

 

 

foto : independent
foto : independent

Minum Air Dingin

 

Suhu dingin akibat es yang  berkondesasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yg mengandung minyak atau lemak.  Pada akhirnya  lemak tersebut dapat  tertimbun di dinding  usus dan mngakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan. Jika tumpukan ini terus menerus terjadi akan berujung pada kegemukan dan penyumbatan pembuluh darah. Tidak ada salahnya jika air dingin atau es tersebut digantikan air hangat. 

foto : ist
foto : ist

Makan Buah-buahan

Setelah makanan masuk ke lambung, lambung akan membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencerna. Jadi jika setelah makan, kemudian   menyantap buah, maka proses cerna buah akan terhambat oleh makanan yang telah lebih dulu disantap, akibatnya buah-buahan tidak bisa tercerna secara normal. Kondisi ini akan memicu  gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar hingga asam lambung berlebih.


foto : eatthis
foto : eatthis

Minum Teh


Belum banyak yang tahu jika minum teh setelah menyantap makanan  dapat mengencerkan getah lambung. Kondisi ini akan mempengaruhi pencernaan makanan. Hal ini karena, daun teh tinggi kandungan  tanin atau asam tanat, jika minum teh sehabis makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang sudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. Teh juga  dapat  menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat memicu  gejala anemia karena zat besi tidak dapat diserap dengan sempurna.

 

foto : focus
foto : focus

Berkaraoke

Setelah makan isi lambung kita membesar, dinding lambung menjadi tipis, volume aliran darah meningkat. Pada kondisi ini sangat tidak disarankan untuk bernyanyi atau karaoke. Karena bernyanyi dapat membuat sekat ronga badan pindah ke bawah, beban rongga perut bertambah. Gangguan ini jika ringan akan menyebabkan pencernaan buruk, dan jika berat maka dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan gejala penyakit lainnya.

foto : huffington
foto : huffington

Merokok

Bahaya merokok sehabis makan lebih besar 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa! Mengapa bisa? Hal ini karena peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan dapat meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan juga dapat menyebabkan munculnya penyakit lain. (bersambung)



Article Lainnya


Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Rambut panjang yang tebal, halus, dan sehat adalah dambaan banyak wanita. Namun, berbagai permasalah...

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Menikmati daging ayam, bebek, tempe, maupun ikan ala ‘penyetan’ dengan sambal super peda...

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Saat berkunjung ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tidak afdhol rasanya jika tidak mencicipi mie lend...

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes suguhan tradisional Belanda. Serupa dengan pancake kecil dan lembut, mereka dibuat ...

JELAJAH