Kembali ke Article

Batagor, Dulunya Adalah Makanan Sisa?

09 Jan 2020 Food Story Headline
Batagor, Dulunya Adalah Makanan Sisa? Sumber : traveling.maslatip.com
09 Jan/2020

Siapa yang tak suka batagor? Jajanan yang terbuat dari baso dan tahu goreng yang diguyur dengan sambal kacang ini sudah menjadi camilan wajib. Kini, batagor hadir dengan berbagai varian rasa dan harga. Batagor mulai populer dan disukai banyak orang sejak tahun 2000an. Sekarang pun, menemukan kuliner ini sangatlah mudah karena hampir dijual di banyak tempat, dari pedagang kaki lima pinggir jalan hingga restoran mewah.

Makanabis mendapati fakta, camilan yang selalu cocok di lidah banyak orang ini ternyata dulunya dibuat dengan ketidaksengajaan. Batagor bisa dibilang adalah olahan yang dibuat dari makanan sisa agar tidak terbuang. Dalam buku Makanan Tradisional Indonesia seri 3 dijelaskan bahwa batagor  dulunya adalah kreasi pedagang baso yang membuat alternatif agar dagangannya yang tak laku tidak sampai dibuang percuma.

Benar bahwa baso dan tahu yang tidak laku terjual tersebut digoreng dan dibagikan kepada para tetangga. Tak ada yang mengira bahwa para tetangga tukang baso tersebut sangat menyukai makanan yang dibagikannya dan memintanya kembali. Lalu, tukang baso tersebut beralih menjajakan batagor, makanan hasil kreasinya sendiri karena dirasa lebih ramai peminat. 

Sumber : bangdzul.com
Sumber : bangdzul.com

Kejadian tersebut terjadi pada  1973 dimana sang penjual baso mulanya sering menjajakan basonya di sekitar Jl. Kopo Bandung hingga akhirnya beralih berjualan batagor. Batagor, akhirnya menyebar ke berbagai tempat di Indonesia dan digemari banyak orang.  Horay tahun baru, makan enak jajan terooosss! Selama sebulan kedepan kalian bisa hemat makan enak di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya pakai meeberian. Dapetin diskon makan hingga 69% dengan memesan makananmu pakai aplikasi meeberian, yuk buruan download sekarang di hapemu! Inas Rifqia

 

Article Lainnya


Resep Lontong Anti Gagal

Resep Lontong Anti Gagal

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan lontong. Ya, makanan yang satu ini bisa diibaratkan...

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

JELAJAH