Kembali ke Article

Siasat Pedagang Makanan dalam Sebungkus Nasi Kucing

Siasat Pedagang Makanan dalam Sebungkus Nasi Kucing Sumber : http://kabntr.org/
13 Mar/2020

Berkunjung ke Yogyakarta atau Solo, tak lengkap rasanya bila tak mencicipi nasi kucing. Nasi kucing atau sega kucing dalam Bahasa Jawa merupakan nasi dengan porsi kecil yang ditambah sambal dan lauk berupa tahu tempe telur atau ikan dan dibungkus dengan daun pisang. Sehingga jika diukur, nasi ini hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Porsi yang kecil juga membuat harga nasi ini begitu terjangkau, yakni mulai dari Rp 2.000 saja. Nasi kucing biasanya dijajakan di angkringan atau gerobak dimana penjual juga menyediakan aneka lauk tambahan atau gorengan dan minuman.

Memiliki nama 'nasi kucing' bukan berarti nasi ini dilengkapi dengan lauk yang terbuat dari daging kucing. Porsi nasi kucing yang sangat kecil seperti makanan yang diberikan untuk kucing peliharaan adalah awal mula nama ini muncul. Makanan yang sudah ada sejak zaman kerajaan ini dulunya dibuat untuk diperdagankan kepada rakyat miskin. Konon, harga makanan pada jaman dahulu sangat sulit dijangkau oleh rakyat miskin sehingga pedagang mensiasatinya dengan mengurangi porsi nasi menjadi sangat sedikit sehingga bisa dijual murah. Meskipun sangat murah, cita rasa nasi kucing sangat digemari siapa saja. 

 

Sumber : http://ensiklo.com/
Sumber : http://ensiklo.com/

Seiring dengan populernya nasi kucing, makanan ini juga sangat mudah dijumpai di kota-kota lain di Jawa Tengah, seperti Semarang dan Salatiga. Nasi kucing yang dulunya hanya makanan untuk warga miskin, sekarang menjadi salah satu makanan ikonik di Yogyakarta, Solo, maupun Semarang yang dinikmati semua pengunjung dari berbagai kalangan. Selain rasanya yang lezat dan harganya yang sangat murah, momen saat menikmati nasi kucing dengan duduk lesehan sambil berbincang bersama rekan atau kawan membuatnya terasa begitu spesial.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Inas Rifqia

Article Lainnya


Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Saat berkunjung ke Bangka Belitung, akan sangat mudah menjumpai siput gonggong di berbagai sajian kh...

 Telur Asin, dari Sesajen hingga Menjadi Warisan Budaya Tak benda

Telur Asin, dari Sesajen hingga Menjadi Warisan Budaya Tak benda

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan telur asin. Makanan yang berasal dari Brebes, Ja...

Wingko Babat, dari Lamongan hingga Semarang

Wingko Babat, dari Lamongan hingga Semarang

Jika berkunjung ke pusat oleh-oleh Semarang, kamu pasti akan disuguhi pemandangan jajanan bernama wi...

Sejarah Prasmanan, Buffet a.k.a All You Can Eat

Sejarah Prasmanan, Buffet a.k.a All You Can Eat

Sepertinya sajian prasmanan, buffet atau all you can eat adalah produk budaya modern. Tidak banyak y...

JELAJAH