Kembali ke Article

Siasat Simpan Makanan Kala PSBB

14 Sep 2020 Inspirasi
Siasat Simpan Makanan Kala PSBB foto : dailymirror
14 Sep/2020

 

Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai dilaksanakan awal pekan ini di Jakarta. Keputusan ini terpaksa diambil karena angka penderita covid 19 terus merangkak naik. Sebaran covid-19 terbilang sudah sangat mengkuatirkan dan dihimbau untuk tidak keluar rumah tanpa keperluan yang mendesak.

 

 

Makanabis merekomendasikan untuk menyiapkan  aneka kebutuhan bahan pangan yang cukup untuk dua pekan kedepan. Penting kira penyimpanan bahan makanan ini mendapatkan perhatian, mulai dari daging, makanan beku, sayur hingga buah. Ini dilakukan agar kebutuhan gizi  sehari-hari tetap terpenuhi. Pahami cara cara penyimpanan bahan makanan tersebut agar tidak cepat rusak.  

 

Spesialis gizi klinis, dr. Verawati Sudarma, MGizi, SpGK menjelaskan kepada Makanabis cara penyimpanan yang benar.  Untuk bahan makanan seperti daging, penting untuk langsung mencucinya hingga bersih. Setelah dicuci bersih, tiriskan dan keringkan dengan papper towel atau taruh di wadah yang berlubang. Diamkan hingga benar-benar kering. Setelah kering, masukkan dalam zipper bag atau wadah kontainer. 

 

 

"Perkirakan berapa banyak isi dalam wadah kontainer atau zipper bag. Hitung  sekali masak seberapa banyak. Hal ini untuk menghindari mencairkan bahan dan kembali memasukkan   freezer jika sudah tidak dibutuhkan.  Ini sangat tidak dianjurkan,” pesannya. 

 

Dr Verawati  menjelaskan, bahan makanan seperti ikan atau daging yang disimpan di dalam freezerdapat bertahan selama 4 hingga 12 bulan. "Meski begitu, disarankan konsumsinya jangan lebih dari 4 bulan. Berikan label  tanggal pembelian. Seperti ikan salmon itu untuk 2-3 bulan konsumsi. 2-3 hari kalau disimpan di area bawah freezer," ucapnya.  

 

 

Lain hal dengan menyimpan buah. Harus diperhatikan  jenis buah yang akan disimpan. Misalnya untuk tomat, jeruk, salak, pisang, manggis dan lain sebagainya,  jangan tentu saja jangan disimpan di kulkas. Buah-buahan tersebut dapat  disimpan di suhu ruangan. "Kalau disimpan di kulkas akan mengerut, akan berkurang massanya. Kalau disimpan di suhu ruangan akan bertahan 3 hingga 5 hari. Sedangkan untuk semangka, melon dan apel dapat bertahan selama satu minggu dengan syarat penyimpanannya benar," pungkasnya.

 

 

Article Lainnya


Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut atau kastanya sudah tidak asing bagi penggemar kacang-kacangan. Kacang ini memiliki ciri kh...

6 Khasiat Kacang Merah

6 Khasiat Kacang Merah

Tidak seperti kedelai yang olahannya sudah banyak diketahui orang yaitu tempe, tahu sampai susu kede...

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Mungkin sudah tidak banyak lagi yang menggunakan cangkir atau mug enamel dengan twotone color ini. B...

Ayam Kecap Sicuan

Ayam Kecap Sicuan

Ayam kecap masak Sicuan ini memang sangat mudah untuk membuatnya. Hanya dengan beberapa bumbu dasar,...

JELAJAH