Kembali ke Article

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

27 Jan 2020 Selera Nusantara
Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara
27 Jan/2020

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun juga membawa pengaruh lain, seperti dalam hal kuliner. Mie menjadi salah satu mkanan yang dibawa oleh Bangsa China sekitar tahun 25 sampai 220 M dan kini menjadi sangat populer di Indonesia. Datang dan  tersebar di berbagai daerah di Indonesia, mie nampaknya telah banyak dimodifikasi dengan menyesuaikan lidah penduduk setempat. Bahkan, hampir di seluruh Indonesia pasti memiliki varian mi. Makanabis akan mengupas tuntas tentang olahan mie di berbagai daerah di Indonesia.

Sumber : dolandolen.com
Sumber : dolandolen.com

Mie Aceh

Kepopuleran mie aceh tak diragukan lagi. Tak sulit menemukan mie aceh karena saking banyaknya yang menjajakan, mulai dari gerobak pinggir jalan sampai menjadi varian rasa mie instan di Indonesia. Mie Aceh sendiri terdiri dari mie yang dicampur dengan kuah kari. Mie Aceh berasal dari tiga kebudayaan, yakni China, India, dan Aceh. Hal itu disebabkan karena mie memang dibawa oleh Bangsa China ke Indonesia, sedangkan kuah kari dalam mie aceh berasal dari kebudayaan India. Campuran mie Aceh biasanya berupa irisan daging sapi, kambing, ataupun ikan.

 

 

 

Mie Koba

Kabupaten Bangka juga memiliki olahan mie yang sangat lezat, yaitu mie koba. Olahan mie ini terbuat dari mie kuning yang diguyur kuah kaldu ikan tenggiri. Selain itu, hal yang juga membuatnya khas adalah tambahan jeruk kunci dan telur rebus. Mie ini didapatkan dari hasil kebudayaan China pada sekitar abad 18 dimana banyak orang China yang bermigrasi untuk membawa teknologi pengolaan timah di Bangka Belitung serta memberikan pengaruh berupa sajian mie koba. Mie ini dinamakan mie koba karena lokasi di Bangka yang bernama Koba menjadi awal mula sajian ini diciptakan.

 

 

 

Sumber : travelingyuk.com
Sumber : travelingyuk.com

Mie Celor

Jika di Bangka ada mie koba, di Palembang ada mie celor. Mie celor sendiri adalah olahan mie yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan dan udang ebi yang bercampur dengan taoge dan telur. Kata celor memiliki arti 'dicelup-celupkan' yang sesuai dengan cara pembuatan mie tersebut dimana mie seperti dicelupkan didalam olahan kuah santan dan ebi. Setelah mie dan taoge dicelup-celupkan di air mendidih lalu akan disiram kuah di sebuah piring.

Bakmi Jawa

Bakmi jawa diketahui berasal dari Wonogiri, Yogyakarta. Bakmi jawa juga dikenal dengan nama mie godog atau mie rebus. Benar saja, mie yang berukuran tebal ini memang disajikan dengan direbus dengan kuah. Meskipun varian lain dari bakmi jawa juga ada yang tidak disajikan dengan kuah atau biasa disebut 'bakmi goreng'. Bakmi jawa biasa disantap dengan tambahan sayur dan daging ayam suwir.

Sumber : travelingyuk.com
Sumber : travelingyuk.com

Mie Kocok

Mie yang berasal dari Bandung ini terbuat dari mie kuning yang diguyur kuah kaldu sapi kental dan diberi irisan kikil, tauge, dan bawang. Hidangan ini mirip dengan mie koclok asal Cirebon. Olahan ini dinamakan mie kocok karena cara pembuatannya dimana mie dan tauge akan dikocok-kocok didalam wadah logam bolong-bolong sambil dicelupkan ke air yang mendidih. Mie yang digunakan tidak terlalu tebal namun memiliki bentuk yang lebar jadi hanya dengan mengocoknya di air mendidih, mie akan cepat matang.

 

Sumber : fimela.com
Sumber : fimela.com

Mie Cakalang

Sesuai namanya, mie cakalang memang terbuat dari mie yang diberi irisan ikan cakalang. Selain itu, mie kuning tersebut juga direbus bersama dengan ikan cakalang. Mie yang berasal dari Manado ini biasa diguyur dengan kuah bening yang rasa mericanya sangat kuat. Tak lupa, saus sambal berbagai varian rasa biasa dinikmati bersama mie cakalang. Olahan mie ini biasanya disantap sebagai menu sarapan oleh masyarakat Manado. 

 

Itulah beberapa olahan mie di Indonesia. Berbicara kuliner Indonesia memang tak ada habisnya. Semua daerah memiliki kuliner yang khas. Bahkan olahan mie pun sangat banyak variannya. Apakah salah satu varian mie diatas ada yang menjadi favoritmu? Dengan meeberian yang dulu ngantri, sekarang bisa Pre Order. Cashlesskan transaksimu dengan GOPAY, DANA dan LinkAja. Tunggu apalagi? Buruan download meeberian sekarang di hapemu. Inas Rifqia

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH