Kembali ke Article

Soto, Riwayatmu Dulu

24 Oct 2019 Food Story
Soto, Riwayatmu Dulu
24 Oct/2019

Dari banyak kuliner di Nusantara, soto adalah jenis makanan yang paling popular di masyarakat. Keragaman budaya di Indonesia membuat kuliner Tanah Air begitu bervariasi.  Hampir tiapdaerah di Indonesia punya versi soto masing-masing. Soto khas JawaTimur  biasanya diberi bubukkoya. Di Betawi, soto umumnya dibuat menggunakan santan. Sedangkan orang Makassar yang menyebut soto dengan nama coto, biasanya membuat hidangan ini dengan banyak  daging.

Sedikitnya ada sekitar 70 jenis soto di Indonesia. Meski soto digemari dari kalangan bawah hingga presiden, namun tak banyak yang tahu asal-usul kuliner berkuah tersebut. Makanabis mencoba untuk mengulas sejarah soto disertai dengan dokumen penunjangnya. Pada masa colonial, soto adalah makanan rakyat, menu kelas bawah dan pantang masuk ke tempat makan orang-orang Eropa dan kaum bangsawan. Fadly Rahman, sejarawan UniversitasPadjajaran Bandung, menyebut soto  selalu menggunakan jeroan sebagai isinya.

foto lama, pedangang soto di sebuah kota di Jawa
foto lama, pedangang soto di sebuah kota di Jawa

Catatan Sejarah

     

Adalah Van Der Burg, orang Belanda yang pertama kali mendefinisikan sebuah hidangan yang belakangan  dipercaya sebagai soto. Dalam buku berjudul VoedingInNetherlandsch Indie pada 1904, Burg menulis orang pribumi Indonesia terbiasa membuat kaldu dengan daging menyerupai gagak. Burg menyebut gagak karena tidak pernah melihat babat dan jeroan sapi sebelumnya,” ulas Fadly Rahman.

 

Lebih lanjut Rahman menjelaskan, berdasarkan berbagai sumber, soto pertama kali dikenal masyarakat pada abad ke-19. Masakan ini justru dibawa oleh imigran Kanton yang bermigrasi ke Indonesia ketika itu. Makanan berkuah ini kemudian  menjadi populer di golongan peranakanTionghoa di Semarang dan Surabaya.

Soto dijual dengan cara dipikul. Cara ini meniru  penjual makanan di  Tiongkok daratan yang menjajakan dagangannya dengan cara dipikul. “Nama soto kemungkinan juga berasal dari kata-kata kanton  Ada sejumlah versi asal kata Soto, antara lain, chautu dan cao du. ‘Cao’ berarti ‘akar rumput’ yang merujuk padameeberian. Paskalis Andrew/berbagai sumber

Article Lainnya


Buat Sendiri Ayam Pop-mu

Buat Sendiri Ayam Pop-mu

Ayam pop, hidangan berbahan baku daging ayam dari Sumatera Barat. Merupakan olahan ayam goreng tanpa...

Waspada!! Jangan Campur 4 Makanan Ini dengan Susu

Waspada!! Jangan Campur 4 Makanan Ini dengan Susu

Susu adalah salah satu produk hewani yang banyak mengandung nutrisi dan sumber gizi. Susu mempunyai ...

Minuman Detox

Minuman Detox

Detox atau detoksifikasi yang berarti proses pembuangan toksin atau racun dalam tubuh. Detox bila di...

Rijsttafel, Menu Gaya Belanda Rasa Indonesia

Rijsttafel, Menu Gaya Belanda Rasa Indonesia

Selama ratusan tahun menjajah dan hidup di Indonesia, Belanda tidak hanya menularkan gaya hidup mere...

JELAJAH