Kembali ke Article

Streetfood Khas Indonesia yang Digemari Turis Asing

16 Nov 2021 Selera Nusantara
Streetfood Khas Indonesia yang Digemari  Turis Asing
16 Nov/2021

Siapa yang suka banget sama Streetfood? Kalau di jadikan bahasa, artinya adalah makananjalan. Memang benar, streetfood sendiri adalah makanan atau minuman yang dijualdi ruang publik seperti jalanan, yang dijual dalam sebuah kios, tenda atau gerobak. Di Indonesia sih lebih dikenal dengan makanan kaki lima. Diantara banyaknya streetfood khas Indonesia, Makanabis merekomendasikan beberapa yang harus banget dicobain para turis asing yang lagi liburan di Indonesia. Selain murah, mencari makanan ini pun tidak sulit!

Kue Leker

Camilandengan rasa manis dan tekstur krispy ini terbuat dari telur, tepung terigu,susu, gula dan air. Cara membuatnya adalah dengan menuangkan adonan di atas wajan, kemudian di tengahnya diberikan potongan kecil pisang, meises cokelat, susu cokelat kental manis dan gula pasir. Kemudian satu sisinya diambil dan dilipat ke arah sisi lainnya. Bentuknya seperti setengah lingkaran, berwarna kuning kecokelatan dengan bagian tengah yang ‘timbul’.

Martabak dan Terang Bulan

Malam-malam makan martabak? Siapa yang enggak tergiur? Biasanya dalam satu gerobak atau kedai, mereka menyediakan dua macam martabak, yaitu martabak asin dan martabak manis. Terang bulan itu sebutan lain untuk martabak manis. Martabak asin punya pilihan isian seperti ayam, daging sapi hingga jamur. Sedangkan martabak manis punya isian yang bisa dipilih seperti cokelat, keju, kacang atau selai. Bisadimakan ramai-ramai dan harganya murah. 

 

Cimol, Cilok, dan sebangsanya

Bahan dasar aci bisa bertransformasi menjadi beberapa jajanan seperti cimol, cilok ataucireng. Cimol adalah aci dicemol, cilok adalah aci dicolok, dan cireng adalah aci digoreng. Mungkin jajanan ini asing banget buat para turis. Teksturnya yang kenyal dan gurih, dijamin bikin nagih. Streetfood satu ini bisa ditemukan disiang hari. Makanabis paling suka sama cireng, nih. 

 

 

Batagor

Sesuai namanya, makanan ini berisikan bakso dan tahu yang digoreng, kemudian dituang saus kacang diatasnya. Isian lainnya adalah pangsit atau siomay goreng dan kentang. Dalam satu gerobak, batagor biasa dijual bersama dengan siomay. Perbedaannya adalah terletak di teknik membuatnya. Jika batagor digoreng, maka siomay dikukus. Buat kamu yang mengurangi minyak, bisa memilih siomay. Sama-sama enak, sama-sama kenyang! 

Pisang Molen

Bukan buah melon, lho. Ini adalah salah satu jenis gorengan yang berisikan pisang. Bentuknya seperti lemon. Isian pisang tersebut dibalut secara melingkar. Terkadang divariasikan dengan isian keju ataupun cokelat. Akan tetapi molen biasanya tidak dijual sendiri, namun bersama dengan gorengan lainnya seperti ote-ote,tempe menjes dan onde-onde.

 

Bakso

Meski diluar negeri ada bakso, namun rasanya pastilah berbeda. Belum lagi rerempahan yang digunakan di tiap masakan Indonesia, selalu bikin semua penikmatnya jatuh cinta. Ini salah satu streetfood yang paling mudah sekali untuk ditemukan. Apalagi dimakan ketika siang hari di kalamatahari sedang terik-teriknya. Didampingi dengan es teh atau es jeruk, makin mantap!

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH