Kembali ke Article

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Cincau Hijau

23 Dec 2020 Khasiat
Tak Hanya Menyegarkan,  Ini  Manfaat Cincau Hijau foto : cerrys blossom
23 Dec/2020

Cincau hijau, ada dua jenis daun. Pertama, yaitu tanaman cincau hijau menjalar atau Cyclea barbata. Daunnya  mirip seperti daun sirih, namun sedikit lebih lonjong. Cincau kedua dari daun  cincau perdu atau Melastoma polyanthum.

 

 

 

Proses pembuatannya dengan diperas dan air perasannya tersebutlah yang akan mengeras dan berubah tekstur menjadi seperti jelly. Jelly inilah yang kemudian menjadi cincau. Cincau hijau  umumnya disajikan dengan tambahan air gula merah, santan, dan parutan es di atasnya. Selain nikmat, cincau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut makanabis menampilkan manfaat cincau: 

foto : speciality produse
foto : speciality produse

 Melancarkan Peredaran Darah

Terganggunya peredaran darah, dapat  mengganggu kerja organ tubuh vital lainnya, seperti jantung. Tidak hanya mengandung antioksidan alami, cincau hijau juga dikenal karena mengandung senyawa klorofil. Klorofil berfungsi  sebagai antibiotik alami yang berfungsi dalam menangkal virus serta polutan dalam tubuh yang mengganggu jalannya peredaran darah dan aliran darah.

 

Redakan Demam

 

Tak hanya enak di mulut dan tenggorokan,  cincau hijau juga bermanfaat  menurunkan demam. Kandungan saponin yang ada di dalamnya diyakini berkhasiat untuk mengatasi masalah tersebut. Selain mengonsumsinya, cara termudah adalah dengan  merebus tiga lembar daun cincau hijau hingga masak, lalu minum dua kali sehari. Lakukan secara rutin hingga demam terasa membaik.

Cara membuat cincau, foto : healthy food recipes
Cara membuat cincau, foto : healthy food recipes

Stabilkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah  tak stabil sangat membahayakan kesehatan.  Salah satu caranya bisa dlakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Bisbenzilsokuinolin klorofil. Kandungan yang juga bisa ditemui dalam cincau hijau ini dipercaya mampu menekan dan menstabilkan kadar gula darah yang meningkat. Meskipun cincau hijau memiliki manfaat tersebut, tetap saja kamu juga harus mengontrol pola makan sehat dan membatasi asupan gula dari setiap makanan yang kamu konsumsi.

 

 

Mengatasi Hipertensi

 

Selain gula darah, tekanan darah juga wajib diperhatikan.  Ketika tensi darah meningkat, maka jika dibiarkan dan memburuk bisa memicu masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, ginjal, dan stroke.Rutin mengonsumsi cincau hijau yang kaya  senyawa S-S tetandrin di dalamnya diyakini bisa membantu kamu melebarkan pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat lebih lancar dan kembali normal. Selain itu, perhatikan dan batasi asupan garam pada setiap makanan yang kamu konsumsi.

Gangguan Lambung

Gangguan pada lambung umumnya terjadi pada lapisan dalam  perut sehingga membuat penderitanya merasakan rasa sakit. Ternyata, kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya berperan baik dalam membantu senyawa klorofil meringankan dan mengatasi masalah gangguan pada lambung. Salah satu kandungan pada cincau hijau seperti vitamin B, vitamin C, dan alkaloid ternyata berkhasiat dalam meringankan dan mengatasi masalah diare, lho. Perlu diperhatikan, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi cincau hijau dalam keadaan dingin jika mengalami masalah yang satu ini.

 

 

 

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH