Kembali ke Article

Tak Hanya Pewarna dan Pengharum Makanan, 4 Manfaat Kesehatan Daun Pandan

26 Jul 2021 Khasiat
Tak Hanya Pewarna dan Pengharum Makanan, 4 Manfaat Kesehatan Daun Pandan source : healthline
26 Jul/2021

 

Selama ini orang tahunya daun pandan hanya untuk mewarnai dan mengharumkan makanan.  Dan ternyata kandungan gizi pandan bukan kaleng-kaleng.  Daun pandan mengandung vitamin A, rendah kalori, zat besi, kaya serat. Bahkan daun pandan sejak lama sudah dimanfaatkan sebagai  antimikroba dan antibakteri alami. Berikut ini 5 manfaat pandan bagi kesehatan. 

 

source : ytb
source : ytb

 

Mengatasi Insomnia

Siapa saja dapat terserang gangguan tidur alias insomnia. Penyebabnya beragam, pola dan jam tidur yang tak tetap, stres, banyak pikiran, dan  penyebab-penyebab lainnya. Gangguan insomnia dapat berakibat fatal.

Untuk mengurangi insomnia dapat dengan mengonsumsi rebusan daun pandan saat malam atau sebelum tidur. Daun pandang sendiri diyakini mengandung alkaloid, yaitu kandungan yang mampu membuat sensasi rileks pada tubuh. Untuk memperkaya rasa dapat  ditambahkan madu.

 

Menurunkan Darah Tinggi

Hipertensi haruskan rutin dikontrol. tanda naiknya tekanan darah pada pasien tersebut yaitu munculnya rasa sakit pada kepala dan diikuti rasa kelelahan.  Hipertensi dapat   pemicu penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk membantu mengontrol tensi darah,  minum air rebusan daun pandan secara teratur. Ambil sekitar 10 gram daun pandan dan rebus bersama dengan dua gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas saja. Minum secara teratur sebanyak dua kali sehari.

 

 

source : bangkokpost
source : bangkokpost

 

Rematik

Penderita rematik  biasanya merasakan sakit dan nyeri di area sekitar sendi. Rematik membuat aktivitas tidak nyaman.  Pandan dapat meredakan nyeri dengan mengolah  pandan bersama minyak kelapa sebagai obat oles tradisional. Ambil tiga lembar daun pandan,  masukkannya ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, oleskan ramuan tersebut di area sendi yang sakit karena rematik.

 

Meningkatkan Nafsu Makan

Gangguan nafsu makan banyak  oleh anak-anak, lansia dan orang yang baru sembuh dari sakit. Nafsu makan yang menurun, bisa memengaruhi berat badan dan asupan gizi mereka. Untuk  meningkatkan kembali nafsu makan, bisa dicoba dengan memberikan   rebusan daun pandan. Rebus 10 gram daun pandan dengan tiga gelas air. Masak hingga air hanya tersisa satu cangkir saja. Lalu, konsumsi secara rutin pada pagi dan sore hari, dijamin nafsu makan akan meningkat kembali.

 

Article Lainnya


Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Hampir seluruh bagian sirsak bermanfaat obat. Daun dan buahnya sangat efektif menjadi obat b...

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Kabar mengejutkan datang dari lembaga riset di Amerika Serikat. Lebih dari 20 laboratorium y...

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

Saat makan di warung tradisional, coba perhatikan dengan seksama sekeliling Anda. Ada ...

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Waspada ketika gairah seks mulai meredup. Beberapa penyebabnya antara lain karena tekanan ps...

JELAJAH