Kembali ke Article

Tamago VS Telur Gulung, Ini Bedanya

03 Nov 2020 Headline Ragam
Tamago VS Telur Gulung, Ini Bedanya Foto: https://allabout-japan.com/
03 Nov/2020

Bagi warga Jepang, tamago atau tamagoyaki maupun telur gulung sudah tidak asing lagi sebagai salah satu kuliner andalan. Entah disantap saat sarapan atau sebagai bekal belajar maupun bekerja, tamago dan telur gulung rupanya sangat digemari. Meskipun tampak mirip dan sama-sama berbahan dasar telur, kedua makanan ini rupanya sangat berbeda dari segi bumbu, tekstur, maupun cita rasa. Oleh sebab itu, Makanabis akan merangkum perbedaan antara tamago vs telur gulung.

 

Foto: japancentre.com
Foto: japancentre.com

Tamago

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bumbu untuk membuat tamago sangat berbeda dengan telur gulung. Tamago menggunakan kecap, garam, dan mirin. Mirin merupakan arak beras yang mengeluarkan cita rasa manis yang pas. Pemakaian bumbu inilah yang membuat tamago memiliki cita rasa gurih dan manis. Tamago biasanya digoreng di wajan khusus berbentuk kotak atau biasa disebut  makiyakinabe. Cara membuatnya biasanya adonan telur akan digoreng selapis lalu digulung, dan seterusnya hingga adonan habis. Tekstur dari tamago ini juga lebih lembut dan lembek daripada telur gulung biasa.

Foto: https://daftarresepmasakan.wordpress.com/
Foto: https://daftarresepmasakan.wordpress.com/

Telur Gulung

Membuat telur gulung rupanya lebih mudah dibandingkan dengan membuat tamago. Jika tamago harus digoreng di wajan khusus, membuat telur gulung bisa di wajan biasa maupun teflon. Proses pembuatan telur gulung cukup dengan menggoreng adonan dan menggulungnya saat proses penggorengan. Tekstur yang dihasilkan dari makanan ini lebih padat dibandingkan tamago. Tak  hanya dari segi pembuatan dan tekstur, perbedaan mencolok juga datang dari bumbu yang digunakan. Telur gulung biasanya akan dicampurkan dengan garam saja, namun juga bisa ditambahkan sedikit lada untuk menghasilkan rasa pedas. Dari perbedaan bumbu ini, telur gulung cenderung lebih gurih dan asin daripada tamago.

 

Itulah perbedaan telur gulung biasa dan tamago yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke Jepang. Makanan ini juga bisa kamu sajikan di rumah sebagai lauk praktis karena juga sangat cocok di lidah mayoritas masyarakat Indonesia.

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH