Kembali ke Article

Teknik Dasar Fillet Ikan

19 Sep 2020 Headline Tips n Trick
Teknik Dasar Fillet Ikan foto : istw
19 Sep/2020

Hidangan ikan atau seafood paling nikmat jika sudah bersih dan bebas duri. Cita rasa daging ikan menjadi pusat rasa tanpa gangguan duri dan bau amis. Tentu saja untuk mendapatkan ini semua, kita harus memiliki kemampuan memillet ikan. Kita akan belajar cara fillet ikan dari teknik dasar yang biasa dilakukan oleh para juru masak Jepang. 

foto : istw
foto : istw

Siangi dan Bersihkan

Teknik pertama yang harus dilakukan adalan membuang sisik dan membersihkan bagian dalamnya. Beberapa koki Jepang kadang tak ambil peduli dengan hal ini, karena mereka biasanya akan membuang kulit ikannya. Setelah itu buang insang, isi perut dan potong kepala ikannya. Arahkan pisau di sekitar insang dan potong dari kepala dan rahang bawah. Lanjutkan untuk membelah perut hingga ke ventilasi. Iris dari kepala tepat di belakang penutup insang, di belakang sirip dada dan ke belakang sirip perut. Balikkan dan potong garis yang sama di sisi lainnya.

[IKLAN__GOOGLE]

 

Keluarkan insang dan isi perut dengan air mengalir. Cobalah untuk membilas semua darahnya. Karena darah adalah sumber bau. Daging ikannya masih dibalut dengan kulit dan peritoneum boleh dicuci karena kemungkinan hilangnya cita rasa ikan akibat proses  osmotik saat pencucian masih minimal. 

foto : istw
foto : istw

Irisan pada Tulang Belakang

Pertama iris kulit di pangkal sirip, mulai dengan menggores  kulitnya terlebih dahulu untuk masuk pada daging. Potong lebih dalam ke daging untuk putaran kedua, rasakan pisau Anda diletakkan di atas tulang. Anda memotong lebih dalam beberapa kali sampai Anda menyentuh tulang punggung di ujung pisau Anda.

 

Tidak ada tindakan penggergajian yang merusak daging. Merilekskan lengan Anda adalah kuncinya. Letakkan ujung jari Anda di bagian belakang pisau untuk mengontrol, tetapi jangan memegang pisau Anda terlalu erat. Santai sampai Anda merasakan beban pisau Anda. Letakkan bilah Anda di atas tulang dan coba rasakan bilahnya hanya memotong serat halus yang menempelkan daging ke tulang.

foto : istw
foto : istw

Memilah Duri

 

Jika telah memotong bagian punggung dan perut, gerakkan pisau  ke tulang belakang dari ekor ke leher, potong tulang rusuk dan lepas setengah fillet. Ikan memiliki tulang berduri yang mencuat dari tulang punggung ke samping tubuh. Ini juga tempat otot menahan banyak darah sehingga berwarna kemerahan pada kebanyakan ikan. Anda sekarang melihat 2 bagian fillet, dan memotong menjadi empat bagian. Potong saja di garis tengah setengah fillet, ambil tulang-tulang ini dan daging kemerahan, dan sekarang Anda memiliki seperempat fillet. Dengan ikan yang lebih kecil, kami tinggal dengan setengah fillet. Tapi kita perlu mencabut tulang berduri ini di garis tengah.

Article Lainnya


Salah Olah,  Lidah Serasa Bertulang

Salah Olah, Lidah Serasa Bertulang

Bagian sapi yang satu ini sangat populer dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau pasar...

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Semua pasti setuju, karang gigi membuat pemandangan mulut terlihat kurang sedap ...

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Peru, sebagai salah satu negara destinasi wisata di Amerika Selatan, tentu ada hal ist...

Bawang Putih Khusus Vitalitas Pria

Bawang Putih Khusus Vitalitas Pria

Bawang putih digunakan sebagai bumbu masak hampir di seluruh dunia. Rasanya yang...

JELAJAH