Kembali ke Article

Tepung Panir VS Tepung Panko

30 Sep 2020 Headline Ragam
Tepung Panir VS Tepung Panko foto : ist
30 Sep/2020

Tepung ini berfungsi untuk memberikan kerenyahan luar olehan kuliner.   Makanan tersebut akan dilapisi dengan tepung roti, sehingga ketika digoreng akan menjadi renyah di luar. Contoh makannya adalah kroket atau nugget. Tepung roti dibagi menjadi dua jenis, yaitu tepung panir dan tepung panko. Kali ini makanabis akan membahas mengenai perbedaan diantaranya. 

 

 

 

Sebenarnya tepung panir ini adalah penyebutan lain dari tepung roti. Berbahan dasar dari roti tawar yang dikeringkan, kemudian dihaluskan hingga menjadi tepung. Akan tetapi hasilnya tidak bisa sehalus tepung lainnya yang berbahan dasar  beras, singkong atau gandum. Teksturnya kasar dan terlihat seperti reremahan. Makanan yang dilapisi dengan tepung ini akan memiliki permukaan yang renyah dan juga garing. 

foto : jesicca gavin
foto : jesicca gavin

Ada perbedaan kecil diantara tepung roti dan tepung panir. Perbedaannya terletak pada  jenis roti  yang digunakan. Jika tepung roti menggunakan roti tawar tanpa pinggiran, maka tepung panir menggunakan roti tawar yang memiliki pinggiran kulit roti. Ketika digiling, butiran pada tepung panir lebih kecil dan berwarna kecokelatan. Sedangkan warna dari tepung roti berwarna putih dan ukurannya lebih besar.

 

foto : thebreadguide
foto : thebreadguide

 

Bagaimana dengan tepung panko? Ada beberapa orang yang mengatakan jika tepung panko adalah nama lain dari tepung roti. Akan tetapi, panko itu adalah tepung roti yang merupakan variasi antara tepung roti Jepang dan Prancis. Dalam bahasa Inggris, dikenal dengan bread crumbs. Panko berbahan dasar dari roti yang tidak memiliki kulit roti. Tekstur rotinya lebih kasar dibandingkan dengan tepung panir. Ketika digoreng, makanan dengan lapisan tepung panko akan lebih garing. Tepung panko berwarna kuning keemasan dan putih.

 

 

foto : thespruceeat
foto : thespruceeat

 

Sudah tahu bedanya? Memang terkadang istilah penamaan ini sering membuat beberapa orang jadi sulit untuk memahami. Ada yang menganggap jika tepung panir dan tepung panko adalah bagian dari tepung roti. Ada pula yang menganggap jika tepung panir dan tepung panko bukan merupakan bagian dari tepung roti atau berbeda sama sekali . Terkadang ada pula yang menganggap jika tepung panir itu adalah nama lain dari tepung roti. Tepung panir dan tepung panko adalah bagian dari tepung roti.  Dikarenakan bahan pembuatannya menggunakan bahan dasar yang sama, yaitu roti. Hanya berbeda pada jenis rotinya saja.  

Article Lainnya


4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

Jangan Tunda lagi Konsumsi Pepaya, Ini 5 Manfaatnya

Jangan Tunda lagi Konsumsi Pepaya, Ini 5 Manfaatnya

Pepaya buah yang terbilang sangat terjangkau dari sisi harga. Meski murah namun papa...

Nasi  Ayam Hainan  Homemade

Nasi Ayam Hainan Homemade

Dalam bahasa aslinya, nasi Hainan bernama hanzi atau hanyu piyin. Meski berasal dari...

JELAJAH