Kembali ke Article

Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin

05 Jun 2021 Headline Ragam
Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin source : flower auora
05 Jun/2021

 

Cupcake dan muffin  memang sangat mirip. Keduanya adalah  kue yang ditempatkan dalam mangkuk kertas. Orang-orang membedakan cupcake dan muffin biasanya dari ada atau tidaknya frosting di atas kue. Padahal sejatinya, perbedaan keduanya juga mencakup cara membuat adonannya. Simak ulasan berikut ini :

 



Cupcake dapat sebut  sebagai miniatur cake dan masuk dalam golongan dessert. Pilihan rasanya manis,  vanila, cokelat, dan red velvet. Teksturnya lembut, empuk, dan ringan karena mengandung mentega dan telur. Di atasnya selalu ada olesan berupa krim atau cokelat.

source : sea ranch
source : sea ranch

 

Ada yang menyebut teknik pembuatan  cupcake  sebagai creamingCreaming dilakukan dengan mengocok lemak padat seperti mentega, atau margarin dengan gula. Saat membuat pastikan lemak tersebut sudah bersuhu ruangan agar lebih mudah larut dengan gula.

Saat mengocok adonannya dapat dilakukan dengan sendok kayu, kocokan kawat (whisk), mixer tangan atau stand mixer. Pastikan  memasang paddle  bukan kocokan kawat, karena nantinya adonan akan mengandung terlalu banyak udara.

 



Metode ini menciptakan gelembung-gelembung udara kecil yang membuat remahannya lembut. Jangan mengocok terlalu lama  karena menteganya akan meleleh. Hal ini juga bisa merusak gelembung udara dan adonan menjadi berminyak. Jika dipanggang cake akan bantat atau mengeras.

source : pan recom
source : pan recom

 

Sementara Muffin  Selain tak berfrostingmuffin teksturnya juga  lebih padat dan basah. Rasanya tak terlalu manis, bahkan ada versi rasa gurih. Muffin juga dapat dibuat dengan tepung gandum dan isian buah kering atau kacang, sehingga lebih menyehatkan meski tak secantik cupcake. Karena lebih mengenyangkan, orang Amerika biasa menyantapnya sebagai sarapan, atau camilan.

 



Muffin bertekstur yang lebih berat karena dibuat dengan  teknik blending. Semua lemak dan minyak dicairkan terlebih dahulu. Lemak cair ini perlahan-lahan dicampurkan dengan gula. Muffin lebih mudah dibuat karena hanya menggunakan baskom dan spatula. Setelah bahan kering diaduk, tinggal ditambahkan bahan cair.

Kedua jenis cake ini memakai mangkuk kertas, baik yang tipis atau yang tebal dengan lapisan lilin sebagai cetakan. Namun, umumnya muffin dicetak dalam loyang khusus muffin. Loyang ini umumnya memiliki lubang 6 hingga 12 buah.

 

 

 

Article Lainnya


‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

Saat makan di warung tradisional, coba perhatikan dengan seksama sekeliling Anda. Ada ...

6 Kuliner Khas Medan Wajib Coba

6 Kuliner Khas Medan Wajib Coba

Medan adalah kota multikultural, namun sebagian besar berasal dari suku Batak. Meski b...

Mengenal 3 Jenis Tamagoyaki

Mengenal 3 Jenis Tamagoyaki

Orang menyebut Tamagoyaki sebagai omlet Jepang. Tidak salah memang, karena memang tamagoyaki...

Lawan Covid-19 dengan Empon-Empon

Lawan Covid-19 dengan Empon-Empon

Prof Chairul Anwar Nidom, seorang pakar biokimia dan biologi molekuler Universita Airlangga ...

JELAJAH