Kembali ke Article

Ternyata Ini Manfaat Kunyah Makanan 33 Kali

19 Oct 2020 Ragam
Ternyata Ini Manfaat Kunyah Makanan 33 Kali  foto : boldski
19 Oct/2020

Judul diatas, dari dulu hingga sekarang tetap menimbulkan kontroversi. Banyak yang mendukungnya, tapi tidak sedikit yang menertawakannya. Benar,  teori tentang mengunyah makanan yang dikatakan, minimal 33 kali. Saat makanabis mencoba melakukan hitungan kunyahan tersebut, dibutuhkan waktu hingga sekitar 30 detik untuk mencapai kunyah sebanyak 33 kali. Waktu ini akan semakin lama jika jenis makanan yang kita kunyah masuk dalam kategoti keras atau kenyal. Dan untuk mendapatkan manfaat, 33 kunyahan itu harus tetap dilakukan.

 

 

 

Secara ilmiah, hitungan 33 kali dalam setiap kunyahan ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Anjuran ini berlaku untuk anak-anak, orang dewasa dan orang tua. Yang sering terjadi adalah, kita mengunyah dengan terburu dan terlalu cepat menelan makanan meski belum lumat benar.  Sebenarnya, apa manfaatnya hingga harus mengunyah makanan sebanyak 33 kali? 

foto : daily express
foto : daily express

 

Membantu Pencernaan

Kunyahan pada membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh. Proses pencernaan ini bertujuan untuk melumatkan  makanan yang masuk dengan bantuan enzim setelah sebelumnya Anda mengunyah makanan dengan bantuan gigi. Mengunyah makanan hingga lumat ikut membantu meringankan beban sistem pencernaan lebih ringan. Dimana makanan yang masuk sudah sangat lumat jadi sistem pencernaan bisa langsung melanjutkannya ke bagian usus halus. Ini turut serta membantu kerja dari sistem pencernaan.

 

 

Penyerapan Nutrisi

 

Kunyahan sebanyak 33 kali membantu penyerapan nutrisi di usus halus. Cara tubuh untuk mendapatkan manfaat dari makanan adalah dengan melakukan penyerapan. Penyerapan nutrisi menjadi sempurna jika makanan yang masuk ke usus halus sudah lumat atau halus sehingga semua kandungan yang terdapat didalam makanan dapat terserap dengan sempurna. Penyerapan nutrisi yang sempurna menjamin tubuh mencapai kesehatan yang optimal. 

foto : acapulko
foto : acapulko

 

Hormon Ghrelin Menurun

Mengunyah makanan secara sempurna dapat membantu menurunkan hormon ghrelin. Hormon ghrelin berguna untuk menurunkan nafsu makan. Cara kerja dari proses ini adalah dengan mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Mengunyah makanan dengan   perlahan-lahan ini akan memberikan kesempatan otak merespon apakah tubuh sudah kenyang atau belum.  Dengan makan dan mengunyah secara terburu-buru tidak akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mengirimkan sinyal ke otak. Hingga sinyal rasa kenyang yang terlambat Anda rasakan dapat mengakibatkan tubuh Anda kurang peka dan setelah makanan habis baru, terasa tubuh sangat terasa kenyang sekali.

 

 

Tetap Langsing

 

Percaya atau tidak, kunyahan secara perlahan atau 33 kali menjaga agar badan tetap langsing. Menurut beberapa penelitian, untuk menjadikan tubuh tetap langsing caranya sangatlah sederhana sekali yaitu mengunyah makanan sebanyak 33 kali. Jika Anda menerapkannya ini sangat baik sekali untuk berat badan Anda agar tetap selalu ideal. Para wanita sangat direkomendasikan untuk menuruti aturan mengunyah makanan ini. Jadi  tidak perlu merasa panik setiap makan karena berat badan akan naik.

 

Kesehatan Gigi

Terakhir, manfaat    mengunyah makanan sebanyak 33 kali adalah memberikan kesehatan pada gigi. Menurut penelitian, mengunyah buah dan sayur dapat memberi kesehatan untuk gigi dari pada gosok gigi.  Gigi memang dirancang  untuk memotong dan mengunyah hingga melumatkan makanan yang masuk kedalam tubuh.   

 

Bagaimana, masih ragu dengan manfaat mengunyah makanan harus 33 kali? Silahkan tulis komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Article Lainnya


Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut atau kastanya sudah tidak asing bagi penggemar kacang-kacangan. Kacang ini memiliki ciri kh...

6 Khasiat Kacang Merah

6 Khasiat Kacang Merah

Tidak seperti kedelai yang olahannya sudah banyak diketahui orang yaitu tempe, tahu sampai susu kede...

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Mungkin sudah tidak banyak lagi yang menggunakan cangkir atau mug enamel dengan twotone color ini. B...

Ayam Kecap Sicuan

Ayam Kecap Sicuan

Ayam kecap masak Sicuan ini memang sangat mudah untuk membuatnya. Hanya dengan beberapa bumbu dasar,...

JELAJAH