Kembali ke Article

Ternyata Ini Manfaat Makan Langsung dari Tangan

09 Jun 2021 Healthy Food
Ternyata Ini Manfaat Makan Langsung dari Tangan source : kqed
09 Jun/2021

 

Di Indonesia, makan dengan tangan adalah hal yang biasa. Akan jadi luar biasa ketika bangsa lain terutama orang Eropa melihat gaya makan yang seperti ini. Orang Indonesia kebanyakan jauh lebih suka makan nasi atau makanan apa pun pakai tangan.

 

 

 

Walau tiap orang punya pilihan gaya hidup masing-masing, namun bagi sebagian orang menyantap makanan langsung dengan tangan jadi gaya hidup tersendiri. Ada yang bilang, makan dengan tangan tanpa sendok memberikan sensasi kenikmatan dan rasa lezat dari makanan yang disantap.  

source : tripsavvy
source : tripsavvy

 

Melansir situs Daily Mail, sebuah penelitian membuktikan saat kita menyentuh makanan menggunakan tangan, dapat meningkatkan persepsi sensorik otak. Bahkan sebelum makanan tersebut masuk ke dalam mulut, sentuhan tangan saja sudah membuat otak memiliki persepsi jika makanan akan terasa jauh lebih enak jika dimakan pakai tangan. Persepsi rasa enak dan lezat akan bertambah saat makanan sudah masuk ke dalam mulut.

 

 

 

Serli Wijaya dalam jurnal Indonesian Food Culture Mapping, menjelaskan  masyarakat di beberapa daerah di Indonesia, terutama Pulau Jawa sering menggunakan tangan kanan untuk menyantap makanan. Selain terasa lebih nikmat dan lezat,  makan pakai tangan sudah menjadi kebiasaan yang diwariskan secara turun temurun sejak dahulu. Kebiasaan menyantap makanan seperti ini sudah menjadi suatu hal yang wajar atau lumrah di beberapa daerah. 

source : spoon university
source : spoon university

 

Orang Jawa menyebut makan dengan tangan sebagai muluk.  Jurnal Potret Aktivitas Makan dalam Leksikon Jawa dan Nilai Filosofi (2019) karya M. Suryadi, menyebutkan,  muluk memilik konsep memakan makanan dengan menyatukan kelima jari tangan. Muluk memiliki dua nilai filosofis, yakni mengambil makanan secukupnya dan menghargai apa yang sudah diambil dan diangkat ke atas sebagai bentuk ucapan syukur. Itulah sebabnya, tradisi makan pakai tangan tanpa sendok masih kerap dilakukan  hingga saat ini hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Article Lainnya


7 Cara Cepat  Putihkan Selangkangan

7 Cara Cepat Putihkan Selangkangan

Salah satu bagian tubuh yang tertutup adalah selangkangan. Walau tertutup, lipatan ini memil...

Viral Perubahan Wajah Usai Santap BTS Meal

Viral Perubahan Wajah Usai Santap BTS Meal

Antrean driver ojek online yang memesan menu BTS Meal di sejumlah daerah terpaksa dibubarkan...

Bahaya,,,,Ini Efek Samping Bawang Merah !!

Bahaya,,,,Ini Efek Samping Bawang Merah !!

Bawang merah bahan makanan padat nutrisi yang rendah kalori. Bawang merah juga tinggi nutris...

8  Efek Samping Jagung

8 Efek Samping Jagung

Jagung adalah salah satu sayuran berbiji terbaik yang sehat dan lezat. Pati, lemak esensial,...

JELAJAH