Kembali ke Article

Disebut Terseret Kasus Bansos, Ini Deretan Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming

21 Dec 2020 Inspirasi Ragam
Disebut Terseret Kasus Bansos, Ini Deretan Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming Foto: chttps://djawanews.com/
21 Dec/2020

Setelah sukes memenangi pilkada dan terpilih sebagai walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi perbincangan di media sosial. Kata kunci ‘Gibran’ yang menduduki trending topic hari ini terjadi lantaran putra sulung Presiden Joko Widodo ini disebut-sebut memberikan rekomendasi pada penunjukkan PT Sritex pada pengadaan tas goodie Bansos Kementrian Sosial.

 

 

"Saya tidak pernah ikut-ikut yang namanya merekomendasikan, memerintah, apa pun itu. Saya tidak pernah menerima apa pun itu dari dana-dana bansos," bantah Gibran pada media. Lebih lanjut Gibran menegaskan, pemberitaan yang mengaitkan namanya pada  persoalan bansos yang dilakukan Kemensos tersebut tidak benar. Lelaki ramah ini mengaku siap untuk ditangkap jika memang terbukti terlibat dalam kasus korupsi dana bansos yang menyeret Menteri Sosial Juliari Peter Batubara tersebut. "Ya tangkap saja kalau salah. Tangkap aja kalau ada buktinya. Ini saya tegaskan lagi, saya tidak pernah ikut-ikut. Tidak pernah yang namanya merekomendasikan memerintah atau apa pun itu," tegasnya. 

 

Terlepas dari namanya yang terseret dalam pusaran kasus bansos,  Gibran memang sudah dikenal sebagai pebisnis ulung jauh sebelum publik mengenalnya sebagai putera Presiden Joko Widodo. Berikut Makanabis rangkum gurita bisnis kuliner Gibran Rakabuming.



Foto: waralabakan.com
Foto: waralabakan.com

Chili Pari Catering

Dengan mengusung konsep ‘your one stop wedding solution’, Chili Pari menawarkan jasa katering beserta berbagai perlengkapan atau kebutuhan pada acara pernikahan. Bisnis yang didirikan Girban pada penghujung  2010 ini terus berkembang hingga saat ini.

Foto: jpnn.com
Foto: jpnn.com

Markobar

Pecinta martabak manis pasti tidak asing dengan merek dagang ‘markobar’. Markobar begitu melejit tak hanya karena usaha kuliner tersebut milik Gibran, namun rasa dan tekstur dari Markobar sendiri memang begitu berkualitas. Usaha makanan ringan yang menyajikan berbagai varian dari martabak manis ini langsung mendapat banyak penggemar hingga tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Foto: https://www.tribunnews.com/
Foto: https://www.tribunnews.com/

Pasta Buntel

Selain Markobar, Gibran mendirikan bisnis kuliner lain, dengan merek dagang ‘Pasta Buntel’ di  2015. Bersama ketiga temannya, Gibran menawarkan kelezatan makanan Italia, pasta dengan bumbu dan cara masak khas Indonesia, yakni dengan dibungkus daun pisang dan dibakar layaknya pepes. Tak butuh waktu lama, Pasta Buntel seketika mendapat banyak perhatian dari pecinta kuliner.

Foto: https://lifestyle.kompas.com/
Foto: https://lifestyle.kompas.com/

Goola

Saat minuman kekinian berbahan dasar boba viral di Indonesia pada 2019, Gibran tak mau ketinggalan. Ia akhirnya mendirikan usaha minuman kekinian dengan merek dagang ‘Goola’. Berbeda dengan boba, Goola mengusung konsep minuman tradisional yang dikemas dengan gaya kekinian. Beberapa varian minuman Goola, antara lain es doger, es kacang hijau, es gula aren, dan lain-lain.

Foto: https://akurat.co/
Foto: https://akurat.co/

Mangkokku

Di tahun yang sama dengan Goola, Gibran beserta Kaesang Pengarep dan Chef Arnold mendirikan restoran yang menjual berbagai varian menu rice bowl. Tak butuh waktu lama, Mangkokku begitu merajai dunia kuliner dan membuat konsep rice bowl semakin menjamur di Indonesia. 

Foto: https://berempat.com/
Foto: https://berempat.com/

Siap Mas

Bisnis kuliner Gibran juga merambah di dunia camilan kemasan yang diberi nama ‘Siap Mas’. Bersama adiknya Kaesang Pengarep, Siap Mas memiliki dua jenis merek dagang, yakni ‘Kemripik’ yang menjual olahan keripik dengan varian rasa dan ‘Ngedrink’ yang menawarkan minuman instan kekinian dalam kemasan. Dengan menyajikan produk kuliner yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, bisnis kuliner milik Gibran dapat meraup omzet hingga milyaran per bulan. berbagai sumber 

 

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH