Kembali ke Article

Tips Aman Meminum Kopi Saat Berpuasa

Tips Aman Meminum Kopi Saat Berpuasa source: foxnews
22 May/2020

Bagi pecinta kopi, meminum kopi merupakan sebuah rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan saat berpuasa di Bulan Ramadan sekalipun. Biasanya, rasa sakit kepala atau lemas akan muncul secara tiba-tiba saat seseorang yang terbiasa minum kopi harus terhenti dari kebiasannya. Namun dikarenakan pola makan seseorang akan berubah saat berpuasa, maka kebiasaan meminum kopi juga harus dirubah agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Makanabis.com akhirnya harus membeberkan beberap tips meminum kopi yang aman selama Bulan Ramadan.

 

source: dailymail
source: dailymail

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah merubah waktu konsumsi kopi. Jika biasanya kamu meminum kopi pada pagi, siang, atau sore hari, hal tersebut tentunya tidak bisa kamu lakukan saat berpuasa. Maka, waktu meminum kopimu hanya bisa dilakukan di saat berbuka hingga sahur. Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa meminum kopi saat berbuka dan sahur sangat tidak dianjurkan.

Kopi yang dikonsumsi saat kondisi perut sedang kosong akan mengakibatkan asam lambung meningkat. Level paling parah bisa menjadikan seseorang terjangkit maag. Kondisi perut kosong terjadi saat berbuka puasa maupun sahur karena posisi perut yang belum mengonsumsi apapun dan tubuh yang baru bangun tidur. Hormon kartisol yang diproduksi saat seseorang baru bangun tidur akan terganggu kinerjanya jika langsung dihantam oleh kopi. Dalam kondisi seperti itu, tubuh akan cepat merasa lemas.

Lalu apakah waktu terbaik meminum kopi saat berpuasa adalah tengah malam? Jawabannya ternyata juga tidak. Mengonsumsi kopi terlalu malam membuat seseorang mudah terkena insomnia yang pada akhirnya dapat menurunkan energi di keesokan harinya. Tentunya kondisi seperti ini akan sangat mengganggu aktifitas orang tersebut.

Waktu terbaik mengonsumsi kopi saat berpuasa adalah sekitar satu jam setelah berbuka atau setelah shalat tarawih. Dalam waktu tersebut, tubuh diyakini lebih dapat menerima kopi. Tak hanya itu, pilihlah kopi yang tidak mengandung kafein tinggi dan tetap minum air mineral secukupnya untuk menyeimbangkan nutrisi tubuh. Inas

Article Lainnya


NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New ...

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Telur ikan sturgeon yang telah diproses dan digarami di dunia kuliner dinamai kaviar. Kaviar menjadi...

Saus Inggris a.k.a Worcestershire Sauce

Saus Inggris a.k.a Worcestershire Sauce

Pasti Anda tidak asing dengan menu ayam goreng saus Inggris. Atau daging lada hitam saus Inggris. Da...

JELAJAH