Kembali ke Article

Tips Jitu Deteksi Madu Palsu (1)

08 Jun 2020 Headline Tips n Trick
Tips Jitu Deteksi Madu Palsu (1)
08 Jun/2020

 

Madu dihasilkan oleh lebah dan serangga dari nektar bunga, bentuknya cairan yang menyerupai sirup,  tapi lebih kental dan manis. Masalah terbesar dari madu adalah bagaimana memilih madu yang asli.

 

Dalam pantauan makanabis.com, banyak juga madu palsu atau oplosan beredar. Memang, cukup sulit untuk melihat serta membedakan madu asli tanpa campuran dan madu palsu hanya melalui kemasan saja.  

 

Letupan

 

Memalsu madu sangatlah mudah. Pembuatannya bisa dicampur dengan larutan glukosa, sirup jagung fruktosa tinggi dan bahan-bahan rahasia lainnya. Salah satu cirinya saat membuka botol madu dan mendengar suara 'letupan' kecil, hal itu menandakan bahwa madu telah dipalsukan karena beberapa proses fermentasi yang mungkin terjadi di dalamnya.

 

Alami

 

Madu berkualitas terbaik umumnya berasal dari lebah dan bukan dari pabrik. Jadi saat hendak membeli, periksa dulu lebel pada kemasannya.  Cari dan temukan tulisan seperti, Mentah, alami, Madu Hutan, Organik, dan ciri-ciri lain yang mengindikasikan produksinya.

 

Uji Absorpsi

 

Ini adalah cara mudah untuk tes madu. Tuangkan beberapa tetes madu murni pada kertas minyak dan periksa apakah madu terserap di kertas tersebut. Biasanya madu murni tidak atau sulit terserap kertas minyak, sementara madu yang palsu gampang terserap.

 

Aroma

 

Tes aroma ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah ahli. Penciuman yang tajam dapat mendeteksi aroma yang berbeda dalam madu murni, seperti bunga atau aroma rumput yang berbeda. Karena madu palsu tak memiliki aroma bunga, hanya mengeluarkan aroma wangi dari pemanis.

 

Tes Roti

 

Ini juga cara mudah untuk mengetahui madu asli. Saat mengoleskan madu murni pada roti, biasanya roti yang dioles akan mengeras, sementara roti yang dioles madu palsu di atasnya, akan tetap lembab.

 

Larutkan

 

Cukup siapkan wadah berisi air. Madu murni biasanya tidak akan langsung larut ketika dicampur dengan air dan akan membentuk tonjolan di dalam wadah yang air yang berisi madu, sedangkan madu palsu akan lebih cepat larut dalam air. wsn/bersambung

 

Article Lainnya


Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

JELAJAH