Kembali ke Article

Tips Menyimpan Makanan Segar

28 Mar 2020 Headline Tips n Trick
Tips Menyimpan Makanan Segar
28 Mar/2020

Di saat covid 19 tengah menyebarluas seperti sekarang ini, dibutuhkan siasat dan trik dalam penyimpanan bahan makanan. Tujuannya agar saat bahan makanan tersebut dibutuhkan, kita masih dapat memakannya. Dan yang lebih penting dari itu semua adalah, dengan penyimpanan yang baik dan tepat, kandungan nutrisi pada bahan makanan akan tetap terjaga.

 

Penting kiranya, Makanabis menampilkan artikel ini untuk memberikan pengetahuan tentang teknik penyimpanan yang baik. Sebab dengan teknik yang benar, meski disimpan dalam waktu yang lama, nutrisi dan kandungan yang berguna tidak hilang begitu saja. Berikut ini beberapa tipsnya:

 

Daging Segar

 

Setelah dibeli, ayam harus segera dicuci hingga bersih. Cuci dengan air mengalir agar tidak ada bakteri atau kuman pembusuk yang kembali menempel pada daging. Bisa disimpan dalam bentuk utuh ataupun potongan ataun irisan. Pastikan sebelum disimpan, sudah tidak ada lagi bekas darah yang menempel pada daging. Kemudian bungkus dengan plastik dan simpan di dalam frezeer.

 

Ayam

 

Langkah yang dilakukan sama seperti langkah penyimpanan pada daging. Cuci hingga bersih ayam tersebut. Buang lendir, bulu atau lemak yang tidak diperlukan. Jika semua bagian-bagian yang tidak diperlukan dan dapat membuat busuk itu sudah dibuang, ayam bisa disimpan dalam bentuh utuh atau terpotong.  Pastikan daging dan alam ini tersimpan secara sempurna di frezeer.

Ikan & Udang

 

Hal yang membuat ikan cepat busuk adalah isi bagian perutnya. Jika membeli ikan, segera bersihkan dan buang isi perut dan insangnya. Lakukan pemberisihan sisik ikan, pastikan tidak ada lagi lendir dengan caranya mencucinya di aliran air. Isi perut dan sisik ikan adalah sumber pencemaran mikroorganisme.

Demikian juga dengan udang, cuci bersih setelah dibeli dengan air mengalir. Buang kepala dan kaki udang, karena pada daerah ini penyebab pembusukan pada udang.

 

Bumbu Segar

 

Secara natural bumbu segar akan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Tnapa dikukus atau ditumis, bumbu-bumbu segar ini mampu bertahan lebih dari 1-2 minggu. Namun untuk lebih praktisnya, kebanyakan orang akan membuat bumbu segar itu sebagai olahan bumbu dasar giling. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sendok baru saat mengambil bumbu dasar itu dalam wadah atau kemasannya. Karena bila tidak menggunakan sendok bersih dikuatirkan terjadi kontaminasi pada bumbu tersebut.

 

Sayuran & Buah

 

Cuci bersih sayur dan buah yang hendak disimpan. Siyangi bila ada bagian yang telah jelek, busuk atau menguning. Penyimpanan dapat dalam bentuk utuh maupun dipotong-potong. Bilas kembali dengan air bersih dan tiriskan. Setelah semua hal itu dilakukan dengan sempurna, sayuran dan buah bisa disimpan.

Cake & Roti

 

Untuk cake dan roti biasanya sudah ada tanggal kedaluwarsanya. Namun untuk lebih memastikan, setelah dibeli, pindah cake atau roti itu dari kardus ke wadah yang memiliki tutup rapat. Karena dengan wadah kedap udara, cake atau roti akan mampu bertahan dalam waktu yang lama dan tetap empuk selama penyimpanan.

 

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew

 

 

Article Lainnya


Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

6 Keju Terpopuler di Indonesia

6 Keju Terpopuler di Indonesia

Produk olahan susu bertekstur lembut dengan rasa asin yang cukup kuat. Keju adalah bahan yang ...

Ide Daur Ulang Hidangan Lebaran

Ide Daur Ulang Hidangan Lebaran

Dua hari sudah aneka hidangan Lebaran memenuhi perut. Ketupat, rendang, opor ayam, semur, gula...

JELAJAH