Kembali ke Article
Tips & Trick Memanggang Seafood
08 Nov/2019

Tips & Trick Memanggang Seafood

08 Nov 2019 Tips n Trick

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan yang ditangkap dan diambil dari laut ataupun hasil budi daya. Makanan laut sudah banyak dikonsumsi manusia sejak jaman dulu. Makanan laut dimanfaatkan sebagai sumber protein.

Kesegaran makanan laut harus tetap terjaga, sebelum kualitasnya turun, harus segera dimasak atau dikonsumsi. Cara pengolahan makanan laut biasanya dengan cara direbus, digoreng, dibakar, ditumis atau dipepes. Seafood sangat lebih enak jika dipanggang atau dibakar, apalagi kalau bumbunya tepat. Biasanya jenis seafood yang enak jika dipanggang seperti udang, kerang, cumi, kepiting, dan ikan laut lainnya. Bagaimana cara memanggang dan memilih jenis seafood yang benar? Simak ulasan makanabis berikut ini.

IKAN

Semua jenis ikan sangat cocok untuk dibakar tetapi lebih enak jika dipilih ikan yang lembut, tidak berair banyak dan tebal dagingnya. Untuk ikan bertekstur kasar seperti tongkol bisa juga dibakar asal diungkep dulu agar bumbu meresap. Untuk memudahkan peresapan bumbu dan memudahkan ikan matang, belah ikan melebar. Ikan yang berdaging tebal, sebelum dibakar sebaiknya difillet dahulu. Untuk bumbu rendaman, ikan tidak perlu banyak bumbu tetapi cukup diberi air jeruk dan garam saja. Cara memanggangnya dengan menjepit ikan dengan alat penjepit lalu bakar bolak-balik agar kulit ikan tidak terlepas. Bumbui ikan dengan kecap manis, kecap ikan atau saus tiram.

UDANG

Jenis udang yang enak dipanggang adalah udang pancet atau udang jerbung yang besar. Udang pancet teksturnya keras sedangkan udang jerbung teksturnya lembut. Udang lebih mudah dibakar kalau ditusuk dengan tusuk sate supaya membaliknya tidak susah. Agar udang bakar rasanya gurih, jangan buang kepala udang.

CUMI

Cumi yang akan langsung dibakar, pilih yang berukuran sedang karena menciutnya tidak terlalu banyak. Cumi dengan ukuran besar, jika akan dibakar harus dipotong-potong dahulu. Oleh sebab itu, untuk praktisnya pilih cumi berukuran sedang. Cara memanggangnya dengan cara ditusuk dengan tusuk sate.

KERANG

Untuk memudahkan pemanggangan, pilih kerang yang berukuran besar seperti kerang kampak dan kerang hijau. Jika suka dengan kerang dara yang ukurannya lebih kecil, panggang dengan cara ditusuk dengan tusuk sate.

KEPITING

Kepiting yang dibakar adalah kepiting yang sudah direbus agar pematangannya lebih mudah dan cepat. Sebelum direndam bumbu, memarkan dulu cangkangnya.

Semua seafood dapat dipanggang di dalam oven, di atas grill pan atau di atas bara api. Tetapi untuk lebih sedapnya jika seafood dibakar di atas bara api dengan arang, aromanya khas sekali dan seafood lebih gurih rasanya. Sajikan seafood bakar dengan nasi atau kentang goreng. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.  Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding ontbijtkoek adalah puding berkaramel. Puding berkaramel sangat cocok jika disajikan tepat pes...

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Kali ini makanabis akan mengulas tentang macam-macam appetizer. Jika kalian sering ke pesta, pasti t...

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyatakan, ekonomi kreatif bakal menjadi penopang utama ekonomi...

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Bagi yang gemar membuat kue sendiri, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya baking soda.Baking s...

JELAJAH