Kembali ke Article

Tren Generasi Cashless “Go Digital Vision 2020.”

03 Apr 2020 Inspirasi
Tren Generasi Cashless  “Go Digital Vision 2020.” ilustrasi, foto:yougov
03 Apr/2020

Cara bertransaksi masyarakat Indonesia sudah mulai berubah. Peralihan transaksi ini diinisiasi oleh  aturan Bank Indonesia mengenai uang elektronik pada 2009 silam. Lima tahun kemudian,  2014, Bank Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Tak hanya masyarakat, GNNT juga menyasar pelaku bisnis, dan juga lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran nontunai. Pada 2017, masih ingat dong, ketika masuk tol harus memakai E-Tol. Inilah yang disebut ekonomi digital. Ini bukan keputusan dadakan atau ikut-ikutan, melainkan rencana pemerintah untuk mencapai Masyarakat Digital pada 2020 melalui program “Go Digital Vision 2020.”

foto; ist
foto; ist

Apakah tren cashless society ini  hanya terjadi di Indonesia?. Tentu saja tidak. Negara-negara lain justru lebih masif melaksanakan tren cashless ini.  Pada  2014, Belgia menempati peringkat pertama disusul Perancis, Kanada, Inggris, dan Swedia. Bahkan, saat ini Swedia hampir sudah 100% meninggalkan uang tunai.

Bagaimana dengan Indonesia? Transaksi nontunai di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Liat saja, pembayaran nontunai di gerai-gerai makanan, resto, bistro, cafe bahkan sekarang makan mie ayam dan aneka minuman kopi sudah bisa cashless. Semua itu karena dukungan fasilitas dan inovasi teknologi digital yang terus berkembang. Belakangan bisnis F&B bergerak menjadi digital F&B.

Tapi tidak sedikit, pihak yang nyiyir dan menolak perkembangan dan tren cashless ini. Mereka yang seperti ini adalah kelompok yang tidak bisa move on ke situasi yang lebih dinamis. Dan umumnya mereka adalah bukan dari kalangan milenial. 

Banyak keuntungan yang dirasakan oleh milenial saat menjadi bagian dari cashless society seperti semakin cepatnya transaksi jual beli. Mulai belanja online, transfer uang ke rekening lain, membeli makanan dan minuman, membayar transportasi, membayar donasi, hingga meminjam uang. Mungkin hanya butuh hitungan menit atau bahkan detik untuk menyelesaikan seluruh kegiatan transaksi. Cukup dengan memencet gawai, scan QR atau gesek kartu, masukkan pin, selesai.

Dengan transaksi cashless, ada banyak promo dan kemudahan bisa didapatkan. Hal ini karena banyak Perusahaan keuangan digital atau FinTech akan bekerja sama dengan sejumlah merchant atau penyedia jasa untuk memberikan harga promosi. Dari cashback, diskon, get free hingga poin reward.

Selain itu, cashless dipandang lebih aman ketimbang menggunakan uang tunai. Karena uang tunai rawan hilang atau di copet.  Unsur keamanan ini karena yang dibawa hanya kartu dan gawai yang sangat personalize. Karena kalaupun kehilanngan  kartu pembayaran atau ponsel, kita hanya a langsung memblokirnya sehingga tidak bisa digunakan oleh orang lain.

Kelebihan lain dari transaksi cashless adalah adanya monitoring atau kontrol pada keuangan. Setiap aplikasi FinTech menyediakan riwayat transaksi nontunai yang telah terjadi. Histori ini sangat berguna untuk mengatur keuangan dan memantau pengeluaran. Bahkan dengan digital money ini, banyak produk keuangan yang bisa dipilih seperti investasi, asuransi, hingga akun bank.

Jadi, tidak perlu lagi ragu atau takut untuk menggunakan transaksi non tunai. Bahwa pernyataan transaksi non tunai dapat menjadi orang boros ini hanya masalah merubah habit manusia. Bahwa non tunai rawan diretas oleh kejahatan siber, tentu saja perusahaan FinTech maupun perbankan akan selalu memperbaiki sistem keamanannya. Bahwa kelebihan dan kekurangan akan selalu ada, namun yang tidak selalu ada adalah kesempatan atau momentum untuk menjadi masyarakat maju, dan Indonesia telah memasuki Go Digital Vision 2020. Paskalis Andrew

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH