Kembali ke Article
Turon, Lumpia Manis Khas Negara Filiphina
29 Nov/2019

Turon, Lumpia Manis Khas Negara Filiphina

29 Nov 2019 Headline Ragam

Makanabis mau bahas jajanan streetfood, nih. Streetfood adalah makanan atau minuman yang biasanya dijual di area publik, dijajakan menggunakan tenda atau kios yang mudah dibereskan. Kalau di Tanah air sih, disebut makanan kaki lima. Salah satu makanan Indonesia yang tergolong streetfood adalah martabak. Seluruh Negara memiliki streetfoodnya tersendiri. Kali ini, Makanabis akan mengangkat salah satu jenis streetfood dari Negara Filipina yaitu turon. Eits, bukan keturon alias ketiduran dalam bahasa jawa lho!

Apa itu turon?

Turon memiliki nama lain Turrón de banana, turrón de plátano, atau lumpiang saging. Ini adalah salah satu streetfood yang terkenal di Negara Filiphina. Bahan utamanya pun hanya kulit lumpia, pisang, langka (nangka), dan susu cokelat cair. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang kepok (saba), sedangkan cokelat cairnya bisa diganti dengan gula merah cair. Semisal enggak ada pisang kepok, kamu bisa menggunakan jenis pisang yang lainnya.

Bentuknya memang menyerupai lumpia, dimana jenis lumpia ini berbeda dengan lumpia yang ada di berbagai dunia. Jika lumpia lainnya bercita rasa asin, maka lumpia khas Filiphina ini bercita rasa manis. Pisang yang digunakan biasanya adalah. Mengingatkan kita pada kue leker khas Indonesia, namun kulitnya bukan menggunakan kulit lumpia. Jajanan Indonesia yang lebih mirip mungkin piscok, ya?

Cara membuatnya gampang banget, lho!

Gak perlu jauh-jauh ke Negara Filiphina untuk bisa menikmati turon. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang perlu disiapkan yaitu kulit lumpia, pisang, nangka, dan gula merah cair atau cokelat cair. Kamu hanya perlu memotong pisang dan juga nangka, menjadi berukuran kecil-kecil, kemudian letakkan di atas kulit lumpia. Lalu gulung kulit lumpia dan goreng hingga kecokelatan. Terkadang gula merahnya berbentuk bubuk, yang ditaburkan di atas pisang sebelum digulung. Letakkan di atas piring, lalu tuang gula merah cair atau cokelat cair.

Dimakan pas sore hari sembari ditemani segelas the hangat, pasti rasanya bakalan enak banget! Ada yang berminat mencoba sendiri kelezatan dari lumpia manis khas Filiphina ini?  Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.

Article Lainnya


Brownies, Maniskan Segala Suasana

Brownies, Maniskan Segala Suasana

Siapa yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang s...

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

Hari Natal sebentar lagi. Banyak umat kristiani yang mulai berbelanja kebutuhan natal seperti hadiah...

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Berbicara soal buah alpukat, buah yang satu ini termasuk buah yang sangat digemari karena rasanya ya...

Perjalanan Panjang Bakso

Perjalanan Panjang Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Bakso adalah bola-bola daging yang terdiri dari campuran daging gi...

JELAJAH