Kembali ke Article

Tutut, Obat Alternatif

18 Sep 2020 Khasiat
Tutut, Obat Alternatif  Tutut diolah menjadi hidangan kaya manfaat, foto :lipi
18 Sep/2020

Jika di perancis ada makanan mewah bernama escargot, maka diIn donesia juga ada kembarannya, tutut atau keong tutut namanya. Keong ini mengandung nutrisi yang tinggi. Bagi yang tinggal didaerah pedesaan, tutut mudah sekali ditemukan disawah.

 

Dibalik fisiknya yang kecil ternyata tutut kaya akan nutrisi danmanfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kali ini makanabis akan mengulik tuntas khasiat tutut si keong sawah:   

Walau kecil bergizi tinggi
Walau kecil bergizi tinggi

Alternatif

Tutut disebagian tempat di Indonesia banyak dipakai sebagai obat alternatif. Karena dapat mengobati penyakit  maag, liver, dan kolesterol. Hal ini didukung dengan kandungan daging tutut yang rendah lemak dan tinggi vitamin yang baik untuk tubuh. Jika anda memiliki penyakit tersebut diatas mungkin Anda harus mencoba tutut sebagai obat alternatif.

 

Tinggi  Protein

Tak hanya karena rendah lemak dan memiliki berbagai vitamin, tutut juga mengandung protein yang sangat tinggi. Ternyata kandungan proteinnya sama dengan ikan dan daging yang harganya mahal. Protein yang sangat tinggi ini baik untuk meningkatkan stamina bagi orang dewasa dan merangsang pertumbuhan bagi anak-anak.

  

 

Kaya Vitamin 

 

Seperti yang sudah disebutkan, daging tutut kaya akan vitamin. Vitamin-vitamin itu antara lain vitamin A, E, niacin dan folat. Aneka vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh agar senantiasa sehat. Asam folat juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil

Aman bagi   Diabetes

Tak banyak orang tau jika tutut aman untuk dikonsumsi untuk orang yang mengidap diabetes. Mengapa tutut aman bagi pengidap diabetes ?  Karena daging tutut memiliki kandungan gula rendah, nyaman dan aman bagi pengidap diabetes. 


 Kaya Omega6 

Tutut juga kaya akan omega 6. Omega 6 memiliki manfaat yang penting untuk merangsang perkembangan otak. Lebih baik lagi jika dikonsumsi bagi anak dalam masa pertumbuhan. Karena tubuh tidak dapat memproduksi omega 6 sehingga omega 6 hanya bisa didapatkan dari asupan luar tubuh. 

Omega 3

 

Tak hanya omega 6, tutut pun memiliki omega 3. Omega 3 atau asam esensial. Berguna untuk menjaga rambut agar tetap kuat, tidak rontok. Minyak esensial yang terdapat dalam tutut berguna untuk mengatur pertumbuhan rambut serta dapat menjaga kelembaban rambut. Tak ada salahnya untuk mengonsumsi tutut untuk mengatasi kerontokan rambut anda. Paskalis Andrew/bbs.  

Article Lainnya


Dibuang Sayang,  Yuk Kreasi Ulang

Dibuang Sayang, Yuk Kreasi Ulang

Jika ada nasi sisa semalam jangan langsung dibuang. Ternyata nasi lebih ini ...

Jerawatan? Gunakan Masker Daun Sirih

Jerawatan? Gunakan Masker Daun Sirih

Timbulnya jerawat pada kulit wajah terutama pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak memang no...

Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Selama ini, sangat sering kita mendengar pernyataan bahwa makanan pedas adalah penyebab penyakit usu...

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Konsumsi daging ayam saat ini sangat tinggi. Daging ayam adalah sumber protein yang terbilang terjan...

JELAJAH