Kembali ke Article

Untung Rugi Diet Keto

01 Oct 2020 Ragam
Untung Rugi Diet Keto foto : ist
01 Oct/2020

Setelah diet mayo, kali ini Makanabis akan mengulas jenis diet lain yang tak kalah viral dari diet mayo.  Diet ketogenik atau populer dengan sebutan diet keto. Diklaim mampu mendapatkan hasil dalam waktu singkat, diet keto terbilang cukup ekstrim untuk dipraktikkan. Pertanyaannya adalah, amankan diet keto ini? adakah efek sampingnya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya. Untuk mengetahuinya simak laporan Makanabis berikut ini.

 

 

 

 

Diet keto adalah diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Pada kisaran normal,   konsumsi lemak normal adalah sekitar 20-30%, pola diet ketogenik menganjurkan asupan lemak mencapai 60-70%. Para pendukung diet ini menyatakan   diet ketogenik dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat dan memberikan energi yang lebih.

 

 

Tinggi protein dan lemak, foto : ist
Tinggi protein dan lemak, foto : ist

Diet keto memang   membatasi konsumsi karbohidrat secara ketat, dengan tujuan membuat tubuh jatuh dalam keadaan ketosis. Ketosis hanya dapat tercapai apabila  seseorang tidak mengonsumsi karbohidrat atau mengonsumsi sedikit sekali karbohidrat.Kekurangan karbohidrat membuat kadar glukosa menurun dalam tubuh, sehingga tubuh mulai memecah lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi.

 

 

 

 

Beberapa ahli menyatakan   keadaan ketosis tidak berbahaya. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa diet ketogenik dapat dikatakan aman bagi penderita obesitas atau orang yang kelebihan berat badan, bahkan disarankan untuk penderita epilepsi. Namun tidak sedikit kalangan ahli yang menyatakan  metode ini  yang kurang sehat untuk menurunkan berat badan.

 

 

foto : ist
foto : ist

Manfaat

 

Diet keto pertama kali diperkenalkan   dr. Gianfranco Cappello, seorang profesor dari Universitas Sapienza di Italia.  Lebih dari 19.000 peserta dalam penelitian diet keto mengalami penurunan berat badan yang cepat dengan efek samping yang minimal. Bahkan kebanyakan partisipan penelitian   juga tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setelah satu tahun.

 

Kesimpulan dari  penelitian itu, rata-rata peserta mengalami penurunan berat   10,2 kg setelah 2.5 siklus diet ketogenik. Capello menyimpulkan bahwa metode diet ini merupakan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan pada penderita obesitas, dengan efek samping minimal seperti kelelahan.

 

 

Keuntungan dari diet ketoa adalah, mendapatkan hasil dalam waktu yang cukup singkat. Diet ketogenik juga   sederhana yaitu dengan mengeliminasi satu golongan makanan (karbohidrat), membuat semua orang mudah memahaminya. Diet ini juga membuat seseorang merasa kenyang walau mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih sedikit.

 

 

Beberapa menu diet keto, foto : diet doctor
Beberapa menu diet keto, foto : diet doctor

Kelemahan

 

Lisa Cimperman, seorang ahli nutrisi dari Cleveland, menjelaskan bahwa berat yang berkurang saat seseorang menjalani diet ketogenik adalah berat air dalam tubuh. Saat tubuh masuk ke dalam keadaan ketosis, seseorang akan segera kehilangan massa otot dan menjadi sangat kelelahan.

 

 

 

 

Ahli nutrisi lain berpendapat  bahwa diet ini harus dikontrol ketat oleh tenaga medis dan hanya boleh dilakukan dalam waktu yang singkat. Jika tidak dikontrol, diet ketogenik dapat merusak otot, termasuk otot jantung.

 

 

Article Lainnya


Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Masih menganggap daun sirih hanya untuk menginang? Hanya untuk nenek-nenek? Anda kel...

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Beda sate maranggi dengan jenis sate lainnya adalah pada proses marinasinya. Marangi...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

JELAJAH