Kembali ke Article

V60, Cara Seduh Kopi Temuan Ahli Kimia

18 Nov 2019 Coffee N Tea
V60, Cara Seduh Kopi Temuan Ahli Kimia
18 Nov/2019

Bagi anda pencinta kopi, kali ini makanabis kembali mengulik mengenai kopi. Karena tiap teknik penyeduhan yang digunakan dapat mempengaruhi rasa dari kopi yang kita buat. Dan teknik yang akan kita bahas kali ini adalah V60, apakah ada yang mengetahui apa itu V60 ?

Pada dasarnya teknik penyeduhan V60 banyak digunakan pada coffee shop dan menjadi alat dasar pembuatan kopi manual. Sebelum kita melangkah lebih jauh ada sedikit cerita mengenai awal mula alat V60 ini muncul.

V60 sendiri adalah sebuah alat manual brew kopi yang diciptakan oleh seorang ahli kimia berkebangsaan Jepang   bernama Tsuruoka. V60 awal kali dikenalkan sebagai prototype pada 2004, Tsuruoka kemudian menyempurnakan bentuk alat dari V60 hingga kini yang sering kita jumpai pada coffee shop

V60 jika kita artikan pada V disini melambangkan bentuk alat kopi manual tersebut seperti huruf  V sedangkan 60 artinya tingkat kemiringan dari alat ini yang jika kita hitung akan menghasilkan sudut 60°. V60 biasanya terbuat dari bahan keramik, aluminium, dan plastik.

Bagi anda yang penasaran bagaimana cara membuat kopi yang enak dengan teknik V60 berikut ini akan kita sampaikan. Pertama kita harus memperhatikan beberapa komponen yang biasanya digunakan dalam pembuatan kopi menggunakan alat V60. 

Yang pertama kita perhatikan adalah kertas filter yang akan kita gunakan, kertas filter yang kita gunakan adalah kertas filter yang khusus digunakan untuk menyaring ground coffee atau bubuk kopi. Selanjutnya yang perlu kita perhatikan adalah ketel leher angsa yang kita gunakan untuk menuang air untuk membasahi bubuk kopi, lalu pada bagian air kita juga harus memperhatikan suhu air yang kita gunakan, dan terakhir dan yang paling penting adalah grind size yang akan kita gunakan adalah medium size artinya tidak terlalu kasar dan juga tidak terlalu halus.

Suhu dari air yang kita gunakan untuk V60 ada pada suhu 90°C sebagai standar suhu penyeduhan kopi, lalu kita masukan kedalam ketel leher angsa. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan kertas filter, lipat kertas yang kemudian bisa langsung diletakan diatas alat V60. Langkah selanjutnya adalah membasahi kertas yang sudah terpasang di alat V60.  Rinsing filter ini bertujuan untuk menghilangkan bau dan zat kimia yang terkandung dalam filter sekaligus untuk memanaskan server coffee  (pre heat).

Setelah kertas filter basah anda dapat memasukan biji kopi yang sudah digiling keatas filter biasanya untuk 1 gram biji kopi berbanding dengan 15 ml air namun perbandingan itu dapat disesuaikan menurut selera kita.  Siramkan air yang sudah panas dalam ketel diatas biji kopi.  

Selama 20-30 detik pertama ketika kita menuangkan air keatas kopi merupakan proses blooming atau proses ektraksi dan pelepasan oksigen dalam kopi biasanya kopi yang masih fresh atau tidak, dapat terlihat pada proses ini.  setelah proses blooming selesai siram kembali kopi yang sudah dibasahi tadi.  

Dalam teknik V60 ini terdapat 2 macam cara menuangkan air panas keatas kopi yaitu interval dan continue. Maksud dari interval ini adalah menuangkan air panas sedikit demi sedikit. Sedangkan pada teknik menuang continue air panas dituangkan langsung sampai habis. Untuk hasil yang maksimal gunakan selalu alat gramasi untuk memastikan apakan ukuran yang kita gunakan sudah pas atau belum.

Setelah semua selesai tuangkan kopi dari server kedalam gelas saji dan kopi siap dinikmati.  Bagaimana teknik V60 sederhana bukan ? meskipun sederhana namun teknik V60 dapat menciptakan rasa kopi yang sangat nikmat. Dan mudah untuk dilakukan para pemula yang sedang belajar teknik menyeduh kopi. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. - Paskalis Andrew -

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH