Kembali ke Article

Viral, Daging Babi Disulap Jadi Daging Sapi, Ini 5 Pembedanya!!!

12 May 2020 Ragam Tips n Trick
Viral, Daging Babi Disulap Jadi Daging Sapi, Ini 5 Pembedanya!!!
12 May/2020

 

Berita yang tengah viral ini terjadi di Bandung. Polresta Bandung berhasil mengungkap peredaran daging babi yang dijual yang diserupakan menjadi daging sapi di Kabupaten Bandung. 

 

Celakanya, para pelaku mengolah daging babi tersebut dengan boraxs agar daging babi itu menjadi serupa daging sapi. Dan dengan "sulap" ini pelaku berhasil menjual daging sapi abal-abal ini seharga Rp. 70 ribu hingga Rp.90 ribu per kilogramnya, lebih murah dari daging sapi pada umumnya.

 

 

Para tersangka berikut barang bukti yang berhasil diamankan Polesta Bandung, foto: kompas
Para tersangka berikut barang bukti yang berhasil diamankan Polesta Bandung, foto: kompas

 

Kepada polisi, para pelaku sengaja menggunakan boraks agar tampilan daging babi ini  menyerupai daging sapi. Nekatnya lagi, pelaku juga berhasil menyakinkan pembeli dengan menyebut daging tersebut sebagai daging sapi.

 

Dan seperti biasanya, kebutuhan daging sapi di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran melonjak drastis. Momen ini dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mengeruk keuntungan dengan jalan mengoplos daging babi jadi daging sapi.  Berikut ini Makanabis akan membagikan tips praktis untuk  bisa membedakan daging sapi dan daging babi.

Warna Daging

Secara umum, warna daging sapi pasti cenderung lebih merah ketimbang babi. Karenanya penipu akan menambahkan zat warna. Maka tidak ada salahnya jika curiga, daging tersebut direndam dalam air, dan lihat apakah ada perubahan  warna.

 

Serat Daging

Daging sapi memiliki serat yang sangat jelas dan lebih besar dibandingkan dengan daging babi. Seratnya juga terlihat sangat padat dengan garis-garis tegas yang bisa dilihat dengan mata telanjang ketika diiris.  Serat daging babi cenderung samar dan renggang. Coba  bentangkan daging untuk melihat seratnya.

 

Lemak

 

 

Daging memiliki karakteristik khas berupa adanya lemak. Setiap daging memiliki kandungan lemak yang berbeda-beda. Daging sapi memiliki lemak yang kaku, agak kering, dan tampak berserat. Sedangkan daging babi mempunyai lemak yang basah, elastis, dan susah dilepaskan.

 

 

Tekstur Daging

 

Tekstur daging sapi padat dan kaku, sedangkan daging babi lebih lembek, elastis, dan mudah direnggangkan. Tekstur daging babi juga lebih kenyal ketika kamu pencet daripada daging sapi.

 

 

Aroma Daging

 

Aroma daging sapi berbau  lebih anyir di hidung dibandingkan daging babi. Bedanya akan lebih terlihat saat dijadikan kaldu.  Kaldu daging sapi lebih berminyak daripada daging babi.

 

 

Dengan mengetahui 5 ciri-cirinya, Anda tidak akan dengan mudah dikelabui pedagang curang. Pemilihan daging dengan teliti juga akan menghindarkan Anda dari daging oplosan yang tidak berkualitas. wsn

 

Article Lainnya


NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New ...

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Telur ikan sturgeon yang telah diproses dan digarami di dunia kuliner dinamai kaviar. Kaviar menjadi...

JELAJAH