Kembali ke Article

Viral Enoki Pembawa Wabah Listeria

26 Jun 2020 Ragam
Viral Enoki Pembawa Wabah Listeria
26 Jun/2020

Belum berakhir pandemi covid 19, kini tersebar lagi wabah baru. Berdasarkan informasi yang didapat dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) yang berada di bawah naungan WHO, terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret hingga April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengkonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

 

Dikutip dari laman FDA, listeria dapat menyebabkan infeksi serius. Dampaknya akan makin fatal jika menginfeksi anak-anak dan orang lanjut usia, terutama yang memiliki imunitas yang lemah. Listeria juga sangat berbahaya bagi ibu hamil. Bakteri ini dapat menginfeksi kandungan dan menyebabkan keguguran atau kematian pada janin yang baru dilahirkan.

 

Kementerian Pertanian juga dikabarkan telah memusnahkan sejumlah produk jamur enoki. Kepada Makanabis.com, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Dr Ir. Agung Hendriadi, M.Eng membenarkan hal itu. Ia mengatakan jamur enoki yang dimusnahkan adalah jamur yang berasal dari Korea Selatan.

 

 

 

 

Dimusnahkan

 

Produk ini diimpor dari Green Co Ltd, Korea Selatan, perusahaan yang sama yang disebut CDC sebagai penyebab wabah di Amerika. Selain dimusnahkan, Kementan mengharuskan importir menarik seluruh produk yang ada di pasaran.

 

Dalam rilisnya BKP Kementan  menyatakan:  "Memerintahkan kepada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan. Surat Kepala BKP kepada Direktur PT. Green Box Fresh Vegetables nomor B-259/KN.230/J/05/2020 tanggal 18 Mei 2020 hal penarikan produk."

 

Agung menegaskan pemusnahan sudah dilakukan pada 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 lalu di lokasi di PT. Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, dengan dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP. Dengan jumlah yang dimusnahkan   1.633 karton atau setara dengan berat 8.165 kilogram.

 

Selanjutnya kata Agung, seluruh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) Kementan di daerah harus melakukan pengawasan semua jamur enoki asal Korea Selatan, yang tertuang dalam surat Kepala BKP kepada Kepala nomor B-305/KN.230/J/06/2020.

 

Masyarkat juga diminta waspada terhadap jenis pangan import terutama jenis jamur enoki yang di import dari Korea Selatan. Untuk memastikan keamanan pangan, masyarakat bisa melihat nomor pendaftaran PSAT khususnya pangan segar asal tumbuhan. (bbs)

 

 

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH